Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar dalam Pembelajaran Matematika: Studi Meta Analisis

Liestyawati, Prima (2024) Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar dalam Pembelajaran Matematika: Studi Meta Analisis. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 6 (2). pp. 122-139. ISSN 2723-1178 (Online)

[thumbnail of 4965-16566-2-PB.pdf] PDF
4965-16566-2-PB.pdf - Published Version

Download (1MB)
Official URL / DOI: https://jurnalmahasiswa.uma.ac.id/index.php/tabula...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara motivasi belajar dan prestasi belajar Matematika. Penelitian ini mencakup jenjang pendidikan dari SD, SMP dan SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode meta-analysis dengan menganalisis 15 literatur jurnal penelitian di Indonesia yang relevan dengan variabel penelitian. Total sampel dalam penelitian ini adalah 2013 siswa. Berdasarkan pengolahan data korelasi r dan jumlah sampel N ditemukan: 1). Nilai large effect size yang diperoleh dari random effect sebesar 0,800 (95% CI = 0,541 sampai 1,059) dengan I2 (inconsistency) sebesar 96.86% Dengan demikian dapat dikatakan bahwa motivasi belajar memiliki hubungan signifikan terhadap prestasi belajar; 2). Nilai Egger bias p = 0,041 menunjukkan adanya bias publikasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar; prestasi belajar; meta analisis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Prima Liestyawati
Date Deposited: 19 Aug 2024 01:51
Last Modified: 19 Aug 2024 01:51
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/46950

Actions (login required)

View Item View Item