Liestyawati, Prima (2024) Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar dalam Pembelajaran Matematika: Studi Meta Analisis. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 6 (2). pp. 122-139. ISSN 2723-1178 (Online)
PDF
4965-16566-2-PB.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara motivasi belajar dan prestasi belajar Matematika. Penelitian ini mencakup jenjang pendidikan dari SD, SMP dan SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode meta-analysis dengan menganalisis 15 literatur jurnal penelitian di Indonesia yang relevan dengan variabel penelitian. Total sampel dalam penelitian ini adalah 2013 siswa. Berdasarkan pengolahan data korelasi r dan jumlah sampel N ditemukan: 1). Nilai large effect size yang diperoleh dari random effect sebesar 0,800 (95% CI = 0,541 sampai 1,059) dengan I2 (inconsistency) sebesar 96.86% Dengan demikian dapat dikatakan bahwa motivasi belajar memiliki hubungan signifikan terhadap prestasi belajar; 2). Nilai Egger bias p = 0,041 menunjukkan adanya bias publikasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar; prestasi belajar; meta analisis |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Postgraduate Programs > Master Program in Psychology |
Depositing User: | Prima Liestyawati |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 01:51 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 01:51 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/46950 |
Actions (login required)
View Item |