Siswoyo, Alfian (2024) Peran Modal Sosial Terhadap Perilaku Konsumen dan Keberlanjutan Unit Usaha Keagamaan (studi Kasus Toko Waringin Kota Mataram). [Undergraduate thesis]
PDF
SP_2427_Abstrak.pdf Download (319kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran modal sosial dan perilaku konsumen terhadap keberlangsungan sebuah unit usaha sektor perdagangan produk perlengkapan kebutuhan upacara atau kegiatan keagamaan umat Hindu. Data yang digunakan adalah data primer melalui wawancara secara mendalam (in-depth-interview) dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Temuan penelitian menyatakan bahwa ada hubungan modal sosial dengan keberlanjutan usaha melalui teori yang dikemukakan oleh Bourdieu tentang bagaimana kemampuan modal sosial dalam menghasilkan sumberdaya ekonomi. Ekspresi hubungan sosial ekonomi ditandai dengan kegiatan-kegiatan dalam perilaku atau tindakan yang mendukung suatu interaksi sosial seperti kemitraan, aktivitas yang diwarnai oleh partisipasi networking, resiprositas (aktivitas pertukaran atau timbal-balik antar individu atau kelompok), kepercayaan, nilai-nilai, norma sosial dan tindakan proaktif. Penerapan modal sosial pada kasus Toko Waringin, memudahkan konsumen melalui akses lokasi yang sangat strategis, ketersediaan produk serta variasi perlengkapan upacara keagamaan umat Hindu, tentunya dengan sistem inventori barang yang baik dengan waktu layanan yang fleksibel
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modal Sosial, Perilaku Konsumen, Unit Usaha |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Economic |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 06:29 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 06:29 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/47102 |
Actions (login required)
View Item |