Penerapan Service Recovery dalam Menangani Masalah Pada Departemen Front Office Le Merrdien Bali Jimbaran

Kusuma, Aldian Ariya (2024) Penerapan Service Recovery dalam Menangani Masalah Pada Departemen Front Office Le Merrdien Bali Jimbaran. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of LKLM_435_Abstrak.pdf] PDF
LKLM_435_Abstrak.pdf

Download (369kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/272734

Abstract

Laporan ini menjelaskan terkait implementasi service recovery pada divisi Front Office di Hotel Le Meridien Bali Jinbaran. Implementasi tersebut dilakukan oleh pemagang saat melaksanakan Praktik Kerja Lapangan di hotel tersebut. Hotel Le Meridien Bali Jibaran adalah sebuah hotel Bintang lima di Bali yang berada di daerah Jimbaran, yaitu di pantai Jimbaran tepatnya di Jl. Bukit Permai, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung,. Hotel ini berdiri sejak tahun 2012 lalu dan sekarang berada di bawah naungan Marriot. Pemagang telah melaksanakan magang di hotel ini selama enam bulan, yaitu sejak 30 Juli 2023 s/d 30 Januari 2024. Pemagang berada di divisi Front Office. Divisi ini mempunyai 3 tugas yaitu menjadi Front desk agent, guest service center dan bellman. Selama masa magang, ditemukan fakta bahwa keluhan di Hotel Le Meridien terjadi dalam frekuensi yang cukup sering. Keluhan adalah tanda telah terjadinya kegagalan atau ketidakpuasan dalam layanan Sayangnya kondisi belum mendapatkan penanganan yang optimal. Padahal hotel telah memiliki Standard of Operations (SOP) terkait service recovery yang perlu dilakukan dalam mengatasi kegagalan dalam pelayanan yang terjadi. Permasalahan ini menimbulkan urgensi terkait tata cara service recovery yang tepat. Service recovery adalah pemulihan layanan yang dilakukan setelah terjadi kegagalan atau keluhan. Pemagang telah memberikan saran terkait service recovery yang telah diterapkan pada operasional sehari-hari. Meskipun kegagalan terjadi, hotel telah melakukan service recovery sehingga kepuasan pelanggan tetap tercapai. Oleh karena itu, dapat disimpulkan service recovery pada Hotel Le Meridien Bali Jimbaran sudah tepat sasaran, efektif, dan juga berkelanjutan

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Service Recovery, Front Office, Hotel
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Academic Department > Department of MKU
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 04 Oct 2024 02:42
Last Modified: 04 Oct 2024 02:42
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/47192

Actions (login required)

View Item View Item