Dindamiatma, Evinka (2024) Faktor-faktor yang Memengaruhi Behavioral Intention Pada Pengguna M-payment di Surabaya. [Undergraduate thesis]
PDF
M_7207_Abstrak.pdf Download (187kB) |
Abstract
Banyak aspek kehidupan manusia sudah bergeser sebagai akibat dari kemajuan teknologi digital yang sangatlah cepat. Hampir setiap aspek kehidupan manusia yang selama ini ditangani secara tradisional mulai melaksanakan transisi ke ranah digital. Dalam bidang ekonomi, pembayaran secara digital dengan memakai smartphone yang dikenal juga dengan sebutan m-payment ialah salah satu bukti kemajuan teknologi didalam penggunaan pembayaran digital ataupun m-payment. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang memengaruhi niat perilaku pengguna m-payment di Surabaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) dengan 6 variabel independen (performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating conditions, hedonic motivation, habit), 1 variabel mediasi (behavioral intention), 1 variabel dependen (use behavior). Responden pada penelitian ini berjumlah 150 orang yang dianalisis menggunakan metode SEM (Structural Equation Modelling) pengolahan dan pengujian data menggunakan software SmartPLS. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, pengaruh sosial, kondisi yang memfasilitasi, motivasi hedonis dan kebiasaan berpengaruh positif terhadap niat perilaku. Serta niat perilaku berpengaruh positif terhadap perilaku penggunaan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | m-payment, niat perilaku, UTAUT. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Management |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 09:11 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 09:11 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/47204 |
Actions (login required)
View Item |