Peningkatan Kepuasan Pelanggan Berdasarkan Integrasi Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (csi), Importance Performance Analysis (ipa) dan Quality Function Deployment (qfd) ( Studi Kasus Ubaya Medical Center)

Afif, Difa Frizadilla (2024) Peningkatan Kepuasan Pelanggan Berdasarkan Integrasi Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (csi), Importance Performance Analysis (ipa) dan Quality Function Deployment (qfd) ( Studi Kasus Ubaya Medical Center). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_4700_Abstrak.pdf] PDF
TM_4700_Abstrak.pdf

Download (390kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/273199

Abstract

Penelitian tentang kepuasan pelanggan terhadap pelayanan jasa sangat berkaitan dengan atribut-atribut layanan yang diberikan. Atribut layanan yang diterima oleh pelanggan berfungsi sebagai tolak ukur kepuasan terhadap kinerja klinik. Pelanggan yang puas dengan pelayanan yang diberikan cenderung akan terus menjalin hubungan bisnis dengan perusahaan tersebut. Sebaliknya, jika kebutuhan pelanggan tidak terpenuhi, hal ini dapat berdampak negatif pada kelangsungan hidup klinik karena pelanggan mungkin akan berpindah ke klinik lain yang dapat memenuhi kebutuhan mereka dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kualitas pelayanan yang dimiliki oleh Klinik Ubaya, dengan menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI), Importance-Performance Analysis (IPA), dan Quality Function Deployment (QFD). Metode CSI Metode Customer Satisfaction Index (CSI) adalah alat untuk mengukur indeks kepuasan pelanggan. Metode Importance-Performance Analysis (IPA) menggambarkan penilaian konsumen terhadap kualitas pelayanan dan memberikan prioritas perbaikan yang diperlukan. Sedangkan metode Quality Function Deployment (QFD) adalah proses terstruktur untuk menentukan kebutuhan pelanggan dan menerjemahkannya ke dalam respons teknis dengan mempertimbangkan kemampuan perusahaan. Hasil perhitungan metode CSI untuk Klinik Ubaya

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan pelanggan, CSI
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 28 Oct 2024 05:35
Last Modified: 28 Oct 2024 05:35
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/47352

Actions (login required)

View Item View Item