Perancangan Strategi Marketing Berdasar Analisis Marketing Mix 7p Pada Cafe Pukul Satu Kopi

Ibrahim, Muhammad Hanif (2024) Perancangan Strategi Marketing Berdasar Analisis Marketing Mix 7p Pada Cafe Pukul Satu Kopi. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_4701_Abstrak.pdf] PDF
TM_4701_Abstrak.pdf

Download (55kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/273212

Abstract

Surabaya sebagai kota yang terus berkembang, memiliki tingkat konsumsi kopi yang tinggi.. Sejalan dengan perkembangan tren global, konsumen kini tidak hanya mencari kualitas kopi yang baik tetapi juga pengalaman yang menyenangkan dan layanan yang ramah. Pukul Satu Kopi, sebagai salah satu cafe yang telah berdiri selama beberapa tahun di Surabaya, perlu terus berinovasi dan meningkatkan kualitas layanannya agar tetap bersaing di pasar yang kompetitif. Berdasarkan rumusan masalah di atas, dikemukakan tujuan dari penelitian ini antara lain: Mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan Cafe Pukul Satu Kopi serta peluang,ancaman yang dihadapi Cafe Pukul Satu Kopi dan Merancang strategi pemasaran 7P yg sesuai untuk Cafe Pukul Satu KopiSalah satu aspek penting yang dapat menjadi fokus perbaikan adalah sistem layanan. Pemahaman yang mendalam mengenai kesetujuan pelanggan dan faktor-faktor yang sangat penting dalam meningkatkan daya saing sebuah cafe Sifat penelitian ini adalah deskriptif data yang diperoleh melalui metode penelitian yang bersifat Deskriptif data yang diperoleh melalui metode Interview, Observasi, Dokumentasi, dan analisis data diperoleh secara kualitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 79 orang, adapun sampel awalnya berjumlah 30 orang yang diambil berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan. Hasil temuan dari analisis data yang peneliti peroleh adalah bahwa dalam strategi pemasaran yang diterapkan Cafe Pukul Satu Kopi ini menggunkan strategi Marketing Mix yaitu dengan Product, Price Place, Prootion, People, Process, Physical Evidence. Pada segmentasi geografi di fokuskan pada daerah Surabaya yang menjadi lokasi produksi dari Cafe Pukul Satu Kopi. Pada segmentasi demografi yaitu pada konsumen usia 16 tahun hingga 30 tahun. Segmentasi psikografi yaitu di fokuskan pada konsumen yang memiliki rasa suka terhadap suatu kopi atau cemilan setiap hari. Hasil dari strategi pemasaran STPD dapat mendorong kinerja usaha dan kinerja produk usaha Cafe Pukul Satu Kopi agar konsumen dapat lebih mengenal produk kopi yang dihasilkan dan membuat usaha Cafe Pukul Satu Kopi memiliki pangsa pasar yang lebih luas. Peneliti menyimpulkan bahwa penerapan strategi STPD pada usaha Cafe Pukul Satu Kopi bepengaruh cukup besar untuk meningkatkan penjualan, hal ini dijelaskan dengan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti .Segmentasi cafe Pukul Satu Kopi terfokus pada penjualan kopi

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Analisis SWOT, STPD
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 28 Oct 2024 08:14
Last Modified: 28 Oct 2024 08:14
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/47361

Actions (login required)

View Item View Item