Novina, Emma and Murhadi, Werner Ria (2024) Memimpin Pasar dengan Optimalisasi Distribusi: Formulasi Strategi bagi PT. Avia Avian, Tbk. Jimek : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 7 (2). pp. 233-253. ISSN 2621-2374
![]() |
PDF
JIMEK Vol. 7 No. 2 2024 - Novina et al..pdf Download (584kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi yang dapat diambil perusahaan untuk menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat. Fokus dari penelitian ini adalah formulasi strategi, dimana metode kuantitatif yang digunakan meliputi langkah-langkah manajemen strategis yang dapat diterapkan oleh PT. Avia Avian, Tbk. dalam persaingan industri cat dan pelapis. Penelitian terhadap lingkungan internal dan eksternal perusahaan mendapatkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan (SWOT) yang dimiliki perusahaan. Hasil dari analisis SWOT tersebut selanjutnya dimasukkan ke dalam beberapa matriks, yaitu EFE dan IFE, CPM, TOWS, SPACE, BCG, IE, GSM, serta QSPM. Rekomendasi strategi yang dihasilkan bagi PT. Avian Avian, Tbk. adalah penetrasi pasar, dimana adanya fenomena global penurunan standar pembelian cat dari konsumen serta pergeseran pola urbanisasi nasional menguntungkan posisi perusahaan, sehingga memungkinkan perusahaan untuk merapatkan persebaran pusat-pusat distribusinya di Indonesia.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Formulasi Strategi, Persaingan Pasar, Industri Cat dan Pelapis |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Postgraduate Programs > Master Program in Management |
Depositing User: | EMMA NOVINA |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 09:20 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 09:20 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/47677 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |