Memimpin Pasar dengan Optimalisasi Distribusi: Formulasi Strategi bagi PT. Avia Avian, Tbk.

Novina, Emma and Murhadi, Werner Ria (2024) Memimpin Pasar dengan Optimalisasi Distribusi: Formulasi Strategi bagi PT. Avia Avian, Tbk. Jimek : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 7 (2). pp. 233-253. ISSN 2621-2374

[thumbnail of JIMEK Vol. 7 No. 2 2024 - Novina et al..pdf] PDF
JIMEK Vol. 7 No. 2 2024 - Novina et al..pdf

Download (584kB)
Official URL / DOI: https://doi.org/10.30737/jimek.v7i02.6021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi yang dapat diambil perusahaan untuk menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat. Fokus dari penelitian ini adalah formulasi strategi, dimana metode kuantitatif yang digunakan meliputi langkah-langkah manajemen strategis yang dapat diterapkan oleh PT. Avia Avian, Tbk. dalam persaingan industri cat dan pelapis. Penelitian terhadap lingkungan internal dan eksternal perusahaan mendapatkan kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan (SWOT) yang dimiliki perusahaan. Hasil dari analisis SWOT tersebut selanjutnya dimasukkan ke dalam beberapa matriks, yaitu EFE dan IFE, CPM, TOWS, SPACE, BCG, IE, GSM, serta QSPM. Rekomendasi strategi yang dihasilkan bagi PT. Avian Avian, Tbk. adalah penetrasi pasar, dimana adanya fenomena global penurunan standar pembelian cat dari konsumen serta pergeseran pola urbanisasi nasional menguntungkan posisi perusahaan, sehingga memungkinkan perusahaan untuk merapatkan persebaran pusat-pusat distribusinya di Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Formulasi Strategi, Persaingan Pasar, Industri Cat dan Pelapis
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Management
Depositing User: EMMA NOVINA
Date Deposited: 09 Jan 2025 09:20
Last Modified: 09 Jan 2025 09:20
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/47677

Actions (login required)

View Item View Item