Peningkatan Wawasan Pemasaran Digital Kelompok Usaha Ecoprint Di Kalidami Surabaya

Andajani, Erna and Soesanti, Arum and Tjiptawan, Ardeliah and Simangunsong, Tuani Lidiawati and Nugroho, Graviella Angelique Aretha and Paulus, Ivan Jonston and Yohanes, Marco Antonio Jose and Kurniawan, Albert Ray and Wijaya, Vegasanti (2024) Peningkatan Wawasan Pemasaran Digital Kelompok Usaha Ecoprint Di Kalidami Surabaya. Jurnal Abdi Insani, 11 (4). pp. 3064-3072. ISSN 2828-4321; E-ISSN 2828-3155

[thumbnail of Erna Andajani_PENINGKATAN WAWASAN PEMASARAN DIGITAL.pdf] PDF
Erna Andajani_PENINGKATAN WAWASAN PEMASARAN DIGITAL.pdf

Download (558kB)
Official URL / DOI: https://abdiinsani.unram.ac.id/index.php/jurnal/ar...

Abstract

Ecoprint merupakan bentuk ketrampilan yang mengedepankan produk yang ramah lingkungan. Bahan dasar kain yang digunakan mengandung serat alami dan bahan alam seperti daun, ranting dan bunga untuk memberikan motif dan pewarnaan. Kelompok usaha Kalidami di Surabaya memiliki ketrampilan memproduksi ecopirnt dan menjadikan produk ecoprint ini untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Selama ini pemasaran produk ecoprint dilakukan secara tradisional (offline) seperti melalui pameran dan bazar, sedangkan pemasaran digital masih kurang dipahami oleh kelompok usaha ecoprint Kalidami. Tujuan penelitian ini dilakukan terkait kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan pada kelompok Usaha ecoprint di Kalidami tentang penggunaan pemasaran digital. Pemasaran digital mendukung pemasaran tradisional yang sudah berjalan. Metode kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan memaparkan materi dan praktek pemasaran digital. Kegiatan pelatihan ini dilakukan secara luring. Kegiatan ini dilakukan dalam 2 kali pertemuan dengan dalam hari yang berbeda. Peserta kegiatan adalah kelompok usaha ecoprint yang terdiri dari 5 orang dengan profesi ibu rumah tangga. Tahapan pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa pengetahuan kelompok usaha ecoprint dalam menggunakan media digital meningkat. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata pre test dan post test yang meningkat 50%. Kelompok usaha ecoprint dibekali konsep pemasaran digital dan praktek. Kegiatan praktek atau ketrampilan pemasaran digital berupa membuat akun Instagram dan Shopee, membuat konten di media sosial dengan video pendek atau foto. Kelompok usaha ecoprint belajar mengedit, membuat caption video dan meng-upload video atau foto di media sosial. Kelompok usaha ecoprint memberikan masukan pada tim pengabdian sebagai bentuk evaluasi dan pembelajaran untuk program berikutnya. Kesimpulan menunjukkan bahwa kelompok usaha ecopirnt telah memperoleh wawasan pengetahuan dan praktek secara langsung tentang pemasaran online. Diharapkan kegiatan ini dapat mengoptimalkan penjualan produk ecoprint di pasar online. Ecoprint is a form of skill that prioritizes environmentally friendly products. The basic fabric materials used contain natural fibers and natural materials such as leaves, twigs and flowers to provide motifs and coloring. The Kalidami business group in Surabaya has the skills to produce ecoprints and make these ecoprint products to improve family welfare. So far, ecoprint product marketing has been carried out traditionally (offline) such as through exhibitions and bazaars, while digital marketing is still poorly understood by the Kalidami ecoprint business group. The purpose of this research related to Community Service activities is to provide knowledge and skills to the ecoprint business group in Kalidami about the use of digital marketing. Digital marketing supports traditional marketing that is already running. The method of this community service activity is carried out by presenting digital marketing materials and practices. This training activity is carried out offline. This activity is carried out in 2 meetings on different days. The participants of the activity are an ecoprint business group consisting of 5 people with the profession of housewives. The stages of implementing this activity consist of preparation, implementation and evaluation. The results of this community service activity show that the knowledge of the ecoprint business group in using digital media has increased. This can be seen from the average pre-test and post-test scores which increased by 50%. The ecoprint business group was provided with digital marketing concepts and practices. Practical activities or digital marketing skills include creating Instagram and Shopee accounts, creating content on social media with short videos or photos. Ecoprint business groups learn to edit, create video captions and upload videos or photos on social media. Ecoprint business groups provide input to the community service team as a form of evaluation and learning for the next program. The conclusion shows that the ecoprint business group has gained insight into knowledge and direct practice about online marketing. It is hoped that this activity can optimize the sale of ecoprint products in the online market.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing, Ecoprint, Kalidami
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Ester Sri W. 196039
Date Deposited: 10 Jan 2025 03:52
Last Modified: 10 Jan 2025 03:52
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/47691

Actions (login required)

View Item View Item