Studi Meta-Analisis: Efektifitas Psikoedukasi untuk Meningkatkan Self-Efficacy

Zahra, Fadila El and Yudiarso, Ananta (2024) Studi Meta-Analisis: Efektifitas Psikoedukasi untuk Meningkatkan Self-Efficacy. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7 (12). pp. 13336-13340. ISSN 2614-8854

[thumbnail of JIIP_Fadila El Zahra.pdf] PDF
JIIP_Fadila El Zahra.pdf

Download (244kB)
Official URL / DOI: https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/...

Abstract

Psikoedukasi adalah salah satu teknik intervensi yang dapat meningkatkan self-efficacy. Individu yang memiliki self-efficacy pada kategori rendah akan berdampak pada kemampuan berpikir dan analisisnya serta aspirasi yang menurun, dan kualitas kerja yang menurun. Sehingga, pada penelitian ini bertujuan untuk meninjau keefektifan dari intervensi psikoedukasi untuk meningkatkan self-efficacy. Metode dalam penelitian ini yaitu meta-analisis, dengan cara melihat effect size menggunakan 13 jurnal eksperimen dari penelitian terdahulu yang telah dipublikasi. Effect size diperoleh dari jumlah partisipan (n), standart deviasi (SD), dan mean (M) yang ada pada setiap kelompok eksperimen (KE) dan kelompok kontrol (KK). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa intervensi psikoedukasi efektif untuk meningkatkan self-efficacy pada individu dengan nilai hedge’s g = -1.39 (large effect size) dengan level confidence 95%, (CI= -2.867 hingga 0.091), nilai signifikansi 0.066, nilai heterogenitas (I2) 98.7%, dan skor bias publikasi 0.483.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Psikoedukasi; Meta-Analisis; Self-Efficacy
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Fadila El Zahra
Date Deposited: 21 Jan 2025 08:48
Last Modified: 21 Jan 2025 08:48
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/47792

Actions (login required)

View Item View Item