Marcos, Jechy De and Secapramana, Laurentia Verina Halim (2024) Pengaruh E-WOM, Kualitas layanan, Pengalaman dan Lokasi terhadap Kepuasan pelanggan di Pantai Wini. ProBisnis : Jurnal Manajemen, 15 (6). pp. 324-332. ISSN 2086-7654; E-ISSN 2808-7240
![]() |
PDF
Pengaruh E-WOM.pdf Download (500kB) |
![]() |
PDF
Jechy Yohanes De Marcos et al LoA.pdf Download (162kB) |
Abstract
Pariwisata di Indonesia berperan penting sebagai salah satu sumber pendapatan di sektor ekonomi. pariwisata telah dianggap sebagai salah satu penghasil devisa terbanyak di Indonesia. Pariwisata juga merupakan kegiatan wisata yang di dukung layanan dan fasilitas yang disediakan oleh pemerintah, pengusaha maupun masyarakat. Dampak pariwisata sebagai suatu bisnis adalah memberikan pengaruh terhadap sosial ekonomi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari E-WOM, Kualitas layanan, Lokasi dan Pengalaman pelanggan terhadap kepuasan pelanggan di tempat wisata yang berada di Pantai Wini. Metode pengolahan data yang digunakan adalah Analysis Of Moment Structure (AMOS) sebagai pendekatan umum analisis data dalam model SEM (Structural Equation Model). Jumlah responden yang terkumpul sebanyak 113. Hasil penelitian ini menemukan bahwa variabel E‐WOM memiliki pengaruh signifikan positif terhadap kepuasan konsumen. Dalam perspektif TQM (Total Quality Management) kualitas dipandang secara luas, yaitu tidak hanya aspek hasil yang ditekankan, tetapi juga melalui proses, lingkungan dan manusia. Pada penelitian lainnya mengatakan untuk variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dikatakan bahwa pengalaman konsumen memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap kepuasan konsumen. Lokasi juga berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-WOM, Kualitas layanan, Pengalaman, Lokasi, Kepuasan pelanggan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Programs > Master Program in Management |
Depositing User: | Jechy Yohanes De Marcos |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 05:53 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 05:53 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/47940 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |