Ariffin, Jeany (2001) Penerapan Customer Profitability Analysis Dengan Didukung Activity-Based Costing Untuk Menentukan Kontribusi Laba Dari Tiap Segmen Pelanggan PT X Di Surabaya. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Dalam kondisi lingkungan persaingan yang meningkat, pelanggan merupakan kunci utama dalam perolehan laba. Untuk mencapai laba sebesar mungkin, badan usaha harus memberi pelayanan sebaik mungkin kepada pelanggan. Peningkatan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan dapat menyebabkan adanya tambahan aktivitas dan biaya maka badan usaha dituntut untuk dapat mengalokasikan biaya-biaya pelayanan yang timbul dari berbagai pelanggan. Customer profitability analysis berguna bagi manajer untuk mengukur secara tepat biaya-biaya yang harus dibebankan kepada masing-masing pelanggan sehingga dapat menyediakan informasi tentang kontribusi laba yang diberikan oleh masing-masing pelanggan terhadap total keuntungan badan usaha. Dari hasil analisis ini, badan usaha dapat mengambil langkah-langkah untuk mengubah pelanggan yang kurang menguntungkan menjadi menguntungkan melalui pengendalian biaya pelayanan, membina hubungan yang lebih baik dengan pelanggan maupun melalui penetapan ulang harga. Dan untuk dapat mengalokasikan biaya tersebut secara lebih akurat kepada pelanggan maka digunakan metode activity-based costing yang membebankan biaya-biaya berdasarkan aktivitas yang dikonsumsi oleh masing-masing pelanggan. Hasil penerapan customer profitability analysis yang telah dilakukan terhadap segmen pelanggan PT "X" memberikan informasi bahwa segmen pelanggan MSG termasuk dalam kategori winners dengan volume penjualan dan margin laba terbesar. Segmen pelanggan Kimia, Sabun, dan kertas termasuk dalam kategori potential sedangkan dua segmen pelanggan terakhir yaitu Tekstil dan Minuman termasuk dalam kategori lossers yang menghasilkan margin laba yang negatif. Setelah mengetahui segmen pelanggan yang memberikan kontribusi terbaik bagi badan usaha maka dapat dirumuskan langkah-langkah untuk mempertahankan dan bila mungkin mengembangkan segmen pelanggan tersebut sehingga pada akhirnya akan meningkatkan margin laba badan usaha secara keseluruhan. Badan usaha juga diharapkan dapat memperhatikan semua segmen pelanggan terutama segmen pelanggan yang termasuk dalam kategori lossers supaya tidak menghasilkan margin laba yang negatif lagi. Melalui customer profitability analysis, manajemen dapat menentukan kebijakan apa yang harus digunakan dalam memenuhi keinginan berbagai tipe pelanggan. Dan manajemen dapat mengevaluasi hubungannya kembali dengan pelanggan sehingga hubungan baik dengan pelanggan dapat ditingkatkan, yang kemudian akan meningkatkan volume penjualan dan pada akhimya meningkatkan margin laba badan usaha.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Users 147 not found. |
Date Deposited: | 12 Sep 2013 03:17 |
Last Modified: | 12 Sep 2013 03:17 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4811 |
Actions (login required)
View Item |