Implementasi Penggunaan Key Opinion Leader Untuk Meningkatkan Brand Awareness di Pt Doran Sukses Indonesia

Lukito, David Teofilus (2024) Implementasi Penggunaan Key Opinion Leader Untuk Meningkatkan Brand Awareness di Pt Doran Sukses Indonesia. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of LKLM_485_Abstrak.pdf] PDF
LKLM_485_Abstrak.pdf

Download (610kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/274127

Abstract

Program magang yang dilakukan bertujuan untuk memperoleh pemahaman penerapan konsep social media marketing pada strategi pemasaran, khususnya tentang peran Key Opinion Leader pada PT Doran Sukses Indonesia. Metode yang digunakan adalah observasi partisipatif selama program magang. PT. Doran Sukses Indonesia dalam proses mengidentifikasi Key Opinion Leader menetapkan 7 tahapan, yaitu menetapkan domain, menggunakan fitur/kriteria yang tersedia, mengumpulkan data, model data, mengidentifikasi Key Opinion Leader, membangun jaringan sosial, dan mengevaluasi kerja Key Opinion Leader. Namun pada prakteknya PT Doran Sukses Indonesia lebih fokus memilih Key Opinion Leader berdasarkan kriteria umum seperti jumlah pengikut, tingkat engagement (like, comments, shares), relevansi konten dengan brand perusahaan, sehingga belum sepenuhnya efektif dalam menjangkau audiens yang tepat dan meningkatkan brand awareness serta memiliki tingkat engagement rendah. Rekomendasi yang dapat diberikan antara lain, menetapkan kriteria pemilihan Key Opinion Leader yang lebih spesifik dan berkaitan dengan tingkat engagement yang berkualitas, pendekatan konten yang otentik dimana Key Opinion Leader melakukan promosi secara jelas, natural dan sesuai dengan kondisi produk, melakukan tracking dan monitoring terhadap kinerja Key Opinion Leader menggunakan tools seperti google analytics atau platform serupa, dan membangun hubungan jangka panjang dengan Key Opinion Leader untuk menciptakan ikatan emosial yang lebih kuat antara Key Opinion Leader, produk dan audiens.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Social Media Marketing, Engagement, Key Opinion Leader
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Academic Department > Department of MKU
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 10 Mar 2025 04:40
Last Modified: 10 Mar 2025 04:40
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/48164

Actions (login required)

View Item View Item