Siswanto, Lala Aprilia Adinda Putri (2025) Implementasi Service Quality Pada Loket Pengurusan Ska di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur. [Undergraduate thesis]
![]() |
PDF
LKLM_500_Abstrak.pdf Download (141kB) |
Abstract
Skripsi Laporan Kerja Lapangan ini dengan tujuan untuk menganalisis implementasi service quality pada loket pengurusan SKA di Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Timur memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, salah satunya melalui pengurusan Surat Keterangan Asal (SKA) dalam bidang Pengembangan Perdagangan Luar Negeri (PPLN). SKA sangat penting untuk memperoleh preferensi tarif di negara tujuan ekspor. Namun, proses pengurusan SKA masih menghadapi berbagai kendala, seperti antrean panjang dan proses administrasi yang lambat. Laporan ini disusun berdasarkan praktik kerja yang dilakukan selama dua bulan (September- November 2024) untuk mengevaluasi kualitas layanan SKA. Pendekatan yang digunakan meliputi observasi dan wawancara. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa lima dimensi kualitas layanan tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy perlu perbaikan signifikan. Upaya perbaikan yang dilakukan mencakup penerapan sistem antrean manual, penataan parkir, pelatihan petugas, dan peningkatan transparansi informasi. Meskipun langkah-langkah ini berhasil meningkatkan efisiensi, pengembangan lebih lanjut seperti penerapan sistem antrean elektronik masih dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas layanan dan mendukung kelancaran ekspor.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Disperindag, service quality, SKA, foreign trade, export. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Academic Department > Department of MKU |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 06:42 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 06:42 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/48274 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |