Faktor-faktor yang Memengaruhi Purchase Intention Smartphone di Indonesia

Lauwrensio, Nicholas (2025) Faktor-faktor yang Memengaruhi Purchase Intention Smartphone di Indonesia. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_7327_Abstrak.pdf] PDF
M_7327_Abstrak.pdf

Download (267kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/274481

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi minat beli (Purchase Intention) terhadap smartphone di Indonesia. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Product Features, Brand Image, Product Price, dan Social Influences, dengan variabel dependen Purchase Intention. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan metode survei terhadap 343 responden berusia minimal 18 tahun yang merupakan pengguna smartphone dari lima merek terkemuka: Samsung, Xiaomi, Apple, Vivo, dan Oppo. Hasil analisis menggunakan model SEM menunjukkan bahwa Product Features, Brand Image, dan Product Price memiliki pengaruh signifikan positif terhadap Purchase Intention. Sebaliknya, Social Influences tidak memberikan pengaruh signifikan. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi para pelaku industri smartphone dalam menyusun strategi pemasaran yang lebih efektif di pasar Indonesia.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Purchase Intention, smartphone, Product Features, Brand Image, Product Price, Social Influences
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 26 Mar 2025 03:30
Last Modified: 26 Mar 2025 03:30
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/48280

Actions (login required)

View Item View Item