Rancangan Service Blueprint Pencairan Dana Pensiun Asabri di Pt Pos Indonesia Kcu Surabaya

Langelo, Elizabeth Anastasya (2025) Rancangan Service Blueprint Pencairan Dana Pensiun Asabri di Pt Pos Indonesia Kcu Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of LKLM_503_Abstrak.pdf] PDF
LKLM_503_Abstrak.pdf

Download (307kB)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/274512

Abstract

Laporan ini disusun berdasarkan hasil Praktik Kerja Lapangan pada PT Pos Indonesia KCU Surabaya yang membahas tentang rancangan service blueprint dengan metode poka yoke pada proses layanan pencairan dana pensiun ASABRI. Metode yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Masalah yang muncul saat proses magang yaitu waktu antri yang lama dan alur proses layanan yang tidak teratur sehingga mengakibatkan komplain dari konsumen. Rancangan service blueprint dengan metode poka yoke bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Rekomendasi yang diberikan dari rancangan ini yaitu dengan menerapkan Checklist Visual dan Notifikasi Pra- Kunjungan, melakukan sosialisasi di awal proses dan membuat poster atau banner, penambahan staff, penguatan sinyal, serta membuat sistem yang userfriendly, membuat nomor antrian dan kode nomor fisik, monitoring stok. Rancangan service blueprint dengan menggunakan metode poka yoke dapat memberikan manfaat bagi PT Pos Indonesia KCU Surabaya dalam hal peningkatan kualitas layanan

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Lean Management, Poka Yoke, Service Blueprint
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Academic Department > Department of MKU
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 27 Mar 2025 02:20
Last Modified: 27 Mar 2025 02:20
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/48288

Actions (login required)

View Item View Item