Langelo, Elizabeth Anastasya (2025) Rancangan Service Blueprint Pencairan Dana Pensiun Asabri di Pt Pos Indonesia Kcu Surabaya. [Undergraduate thesis]
![]() |
PDF
LKLM_503_Abstrak.pdf Download (307kB) |
Abstract
Laporan ini disusun berdasarkan hasil Praktik Kerja Lapangan pada PT Pos Indonesia KCU Surabaya yang membahas tentang rancangan service blueprint dengan metode poka yoke pada proses layanan pencairan dana pensiun ASABRI. Metode yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Masalah yang muncul saat proses magang yaitu waktu antri yang lama dan alur proses layanan yang tidak teratur sehingga mengakibatkan komplain dari konsumen. Rancangan service blueprint dengan metode poka yoke bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Rekomendasi yang diberikan dari rancangan ini yaitu dengan menerapkan Checklist Visual dan Notifikasi Pra- Kunjungan, melakukan sosialisasi di awal proses dan membuat poster atau banner, penambahan staff, penguatan sinyal, serta membuat sistem yang userfriendly, membuat nomor antrian dan kode nomor fisik, monitoring stok. Rancangan service blueprint dengan menggunakan metode poka yoke dapat memberikan manfaat bagi PT Pos Indonesia KCU Surabaya dalam hal peningkatan kualitas layanan
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lean Management, Poka Yoke, Service Blueprint |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Academic Department > Department of MKU |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 27 Mar 2025 02:20 |
Last Modified: | 27 Mar 2025 02:20 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/48288 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |