Surya, Gelda Anggraini (2025) Hubungan Antara Keterlibatan Ayah dan Kelekatan Ayah-Anak dengan Regulasi Emosi Anak Pra Sekolah. Masters thesis, University of Surabaya.
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Perkembangan emosi semakin dipahami sebagai sebuah krisis dalam perkembangan anak, hal ini terlihat dari data prevalensi gangguan mental emosional pada anak usia prasekolah cukup tinggi. Dengan adanya budaya patriarki yang masih kental dijalankan pada sebagian besar masyarakat Indonesia memberikan batasan keterlibatan ayah pada pengasuhan anak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak dan kelekatan ayah-anak dengan regulasi emosi anak prasekolah secara parsial dan simultan. Desain penelitian yang digunakan adalah metode survei kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan Raosoft, sehingga jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 201 orang responden ayah wali murid PG-TK Baby Smile School Surabaya dari kelas PG2 usia 3 tahun sampai TKB usia 6 tahun. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai metode utama pengumpulan data. Alat ukur dalam penelitian ini yaitu: ERC (Emotion Regulation Checklist) untuk mengukur regulasi emosi IFI (Inventory of Father Involvement) untuk mengukur keterlibatan ayah dan TAS-45 (Toddler Attachment Sort-45) untuk mengukur kelekatan ayah-anak. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Keterlibatan ayah dalam konteks pengasuhan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap regulasi emosi anak prasekolah karena nilai t yaitu 3,501 dengan nilai signifikansi 0,001. Keterlibatan ayah dapat memperkuat rasa aman anak yang mendukung kemampuan mereka untuk mengelola emosi, (2) Kelekatan ayah dan anak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap regulasi emosi anak prasekolah, karena nilai t adalah 21,210 dengan nilai signifikansi 0,000. Kelekatan dengan ayah akan meningkatkan kemampuan anak dalam berempati, menunjukkan perhatian, serta menjalin hubungan sosial dengan lebih baik, dan (3) Nilai F sebesar 359,524 dengan nilai signifikansi 0,000 menunjukkan bahwa keterlibatan ayah dan kelekatan ayah-anak memberikan kontribusi signifikan terhadap regulasi emosi anak. Hubungan positif ayah dan anak dapat mempengaruhi perkembangan psikologis anak
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterlibatan ayah, Kelekatan ayah-anak, Regulasi emosi anak, Anak prasekolah |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Postgraduate Programs > Master Program in Psychology |
Depositing User: | Eko Setiawan 194014 |
Date Deposited: | 02 May 2025 07:57 |
Last Modified: | 02 May 2025 07:57 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/48453 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |