Reward System Sebagai Pendukung Produktivitas Penjualan Pada PT Wonokoyo Jaya Corporindo Surabaya

Putri M., Bernadina Dwi (2002) Reward System Sebagai Pendukung Produktivitas Penjualan Pada PT Wonokoyo Jaya Corporindo Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153290

Abstract

Management control system, sebagai penunjang keberhasilan suatu sistem di dalam badan usaha tentu harus diperhatikan dan diterapkan sebaik-baiknya oleh pihak manajemen, bahkan para karyawan juga harus memberikan sokongan dalam kesuksesan sistem pengendalian badan usaha yang akhirnya dapat mencapai tujuan badan usaha, yaitu profit. Reward and punishment (reward system), merupakan salah satu alat control yang lazim dipakai oleh badan usaha, baik yang berskala usaha besar maupun kecil. Dengan adanya sistem reward ini karyawan akan lebih mudah dikendalikan karena karyawan akan cenderung melakukan aktivitas sedemikian rupa untuk mencapai reward yang ditawarkan atau disediakan oleh pihak manajemen dan menjauhi akiivitas yang dianggap dapat menimbulkan punishment bagi karyawan tersebut. Untuk itu, pihak manajemen harus dapat menentukan dan memberikan besarnya reward yang benar-benar sesuai dengan tuntutan dan kondisi para karyawan, tanpa mengabaikan fungsinya, yaitu sebagai alat control dalam pencapaian tujuan badan usaha. PT. Wonokoyo Jaya Corporindo, sebuah badan usaha agrobisnis bergerak dalam bidang penjualan ayam olahan juga telah menerapkan reward system sebagai alat control. Dalam skripsi ini akan difokuskan pada penerapan reward system terhadap salesman PT. Wonokoyo Jaya Corporindo divisi ayam olah. Dalam pelaksanaannya reward system telah mengalami perubahan yang pada dasarnya dapat memberikan kemajuan bagi PT. Wonokoyo Jaya Corporindo, namun tak luput dari kesalahan. Memang pada kantor tersebut terjadi beberapa hal yang kurang dapat diterima oleh para salesman, tetapi reward system yang diterapkan cukup memotivasi salesman dengan makin meningkatnya produktivitas penjualan PT. Wonokoyo Jaya Corporindo. Reward system tidak akan selamanya efektif untuk penunjang produktivitas badan usaha. Suatu saat reward yang ditawarkan dapat menurunkan produktivitas, karena ntuk reward yang ditawarkan adalah extrinsic rewards. Suatu saat salesman pasti akan merasa jenuh dalam bekerja. Lain halnya jika pihak manajemen lebih memperkenalkan intrinsic reward (berasal dari dalam diri karyawan) seperti memberi kesempatan karyawan untuk berpartisipasi memberikan pendapat dalam penetapan kebijakan badan usaha. Dengan demikian tentunya akan menimbulkan kepuasan dan rasa dihargai bagi para karyawan. Selain reward system, faktor eksternal juga turut berpengaruh terhadap produktivitas seperti hari raya Natal dan lebaran.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Hari Subagijo 201031
Date Deposited: 03 Oct 2013 08:57
Last Modified: 03 Oct 2013 08:57
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4851

Actions (login required)

View Item View Item