Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pada Aktivitas Penjualan Untuk Meningkatkan Kecepatan Pengambilan Keputusan Pada PT. X Di Surabaya

Juliani, Lucy (2001) Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pada Aktivitas Penjualan Untuk Meningkatkan Kecepatan Pengambilan Keputusan Pada PT. X Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153225

Abstract

Badan usaha yang berskala besar maupun kecil membutuhkan informasi mengenai kinerja badan usaha maupun informasi yang dapat memberikan informasi yang relevan, dapat diandalkan, dan tepat waktu sebagai pendukung dalam pengambilan sebuah keputusan semakin besar badan usaha maka akan semakin banyak pesaingnya dan semakin kompleks permasalahan yang dihadapinya baik masalah yang bersifat intern maupun ekstern yang nantinya akan mempengaruhi kondisi dari badan usaha yang bersangkutan. Dengan kemajuan teknologi informasi yang semakin cepat, mendorong setiap badan usaha untuk senantiasa berusaha meningkatkan peranan sistem informasi akuntansi untuk keakuratan informasinya, baik kualitatif maupun kuantitatif dalam rangka untuk pengambilan keputusan. Salah satu bentuk kemajuan informasi tersebut, yaitu adanya sistem penjualan yang terkomputerisasi dengan menggunakan komputer serta program-program yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan informasi yang berbeda-beda untuk setiap badan usaha. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengaplikasikan sistem informasi yang relevan berdasarkan tiap fungsi-fungsi dan aktivitas-aktivitas badan usaha khususnya yang berkaitan dengan keakuratan pengambilan keputusan melalui pemrosesan data yang cepat, tepat dan akurat. Keakuratan dalam pengambilan keputusan pada PT.'X' masih dinilai kurang terdapat komunikasi antar bagian. Dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa pada bagian penerima order kurang mendapatkan informasi yang seharusnya tersedia setiap saat, sehingga keputusan yang diambil oleh bagian penerima order ketika mendapat pesanan dari luar negeri, sering kali tidak akurat serta membutuhkan waktu yang lama dalam mengambil sebuah keputusan yang akurat. Menghadapi perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, sistem informasi yang terinteregrasi dan terkomputerisasi secara online, dimana bagian satu dengan bagian lain sangat diperlukan agar dihasilkan informasi yang tepat, cepat, dan relevan untuk menghasilkan keputusan yang akurat dan memenuhi kebutuhan semua pihak yang berkepentingan untuk menghasilkan informasi yang berkualitas dan dapat diandalkan, khususnya berkaitan dengan keakuratan pengambilan keputusan pada sistem penjualan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2013 08:50
Last Modified: 03 Oct 2013 08:50
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4854

Actions (login required)

View Item View Item