Wiyono, Renny (2001) Non Financial Performance Measures Sebagai Alat Untuk Mengukur Kepuasan Konsumen Pada PT. "XYZ" Di Karanglo. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Pesatnya perkembangan dunia usaha yang didukung oleh kemajuan teknologi dan informasi, menyebabkan persaingan dunia usaha sangat ketat. Dampak dari semakin ketatnya persaingan membuat pihak manajemen badan usaha lebih memperhatikan informasi non-financial performance measures untuk mencapai kepuasan konsumen. Upaya yang dilakukan oleh badan usaha untuk mengukur kepuasan konsumen melalui pengukuran nonfinancial performance measures adalah melalui pengukuran kualitas dan delivery performance. Dari pengukuran kualitas dapat diketahui seberapa besar defect pada produk rol karet tersebut dan apa yang menyebabkan produk rol karet tersebut sampai rusak. Setelah dilakukan pengukuran dapat diketahui kerusakan produk rol karet adalah karena kurang telitinya para pekerja sehingga dalam melakukan proses produksi salah membaca spesifikasi produk rol karet yang diinginkan oleh konsumen. Selain itu, dapat juga diketahui seberapa besar tingkat komplain dan retur produk rol karet dari konsumen. Komplain dan retur yang dilakukan oleh konsumen karena produk rol karet yang dikirimkan tidak sesuai dengan spesifikasi produk rol karet yang diinginkan oleh konsumen. Selain kualitas, waktu pengiriman yang tepat waktu juga merupakan salah satu hal yang terpenting untuk mencapai kepuasan konsumen. keterlambatan pengiriman produk rol karet ke konsumen disebabkan beberapa hal yaitu proses produksi belum selesai, mesin mobil pengangkutan rusak, kurangnya tenaga pengiriman, produk rol karet belum selesai dipacking dan juga terlalu tingginya ongkos pengiriman sehingga menyebabkan konsumen komplain. Sedangkan retur produk rol karet disebabkan karena produk yang dikirimkan cacat akibat dari kesalahan proses produksi badan usaha misalnya adanya gelembung-gelembung udara pada rol karet, ketebalan karet tidak sesuai dengan keinginan konsumen, ekastisitas karet juga tidak sesuai, karet ada yang sobek karena kemasannya rusak dan salah mencampur komposisi obat-obatan kimia sehingga karet menjadi tidak tahan terhadap bahan kimia tertentu. Oleh karena itu, untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi badan usaha untuk mencapai kepuasan konsumen maka badan usaha harus terns melakukan training, bimbingan, dan pengertian terhadap para pekerjanya dan juga menerangkan betapa pentingnya kualitas bagi kelangsungan hidup badan usaha. Sehingga para pekerjanya dalam melakukan proses produksinya benar-benar memperhatikan keinginan konsumen dan produk rol karet yang dihasilkan menjadi produk rol karet yang berkualitas tinggi.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Users 147 not found. |
Date Deposited: | 03 Oct 2013 08:47 |
Last Modified: | 03 Oct 2013 08:47 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4855 |
Actions (login required)
View Item |