Pola Asuh dan Prestasi Anak Tionghoa dalam Perspektif Psikologi Budaya

Marliana, Esther and Setyawan, Jefri (2025) Pola Asuh dan Prestasi Anak Tionghoa dalam Perspektif Psikologi Budaya. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 8 (2). pp. 219-229. ISSN 2684-902X; E-ISSN 2622-1748

[thumbnail of 10.+ESTHER+MARLINA+219-229.pdf] PDF
10.+ESTHER+MARLINA+219-229.pdf - Published Version

Download (482kB)
Official URL / DOI: https://perspektif.ppj.unp.ac.id/index.php/perspek...

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi dampak pola asuh dalam keluarga Tionghoa di Indonesia, dengan fokus khusus pada bagaimana pola asuh tersebut mempengaruhi prestasi akademik anak-anak. Penelitian ini mengkaji hubungan antara pendekatan pengasuhan dan prestasi anak, terutama dalam keluarga Tionghoa Totok (darah murni) dan Peranakan (campuran). Penelitian ini menyelidiki peran komunikasi terbuka, metode disiplin, dan kesadaran diri dalam manajemen waktu sebagai faktor yang berkontribusi pada kesuksesan akademik. Selain itu, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai budaya dalam keluarga Tionghoa membentuk perkembangan kemandirian dan tanggung jawab anak. Penelitian kualitatif deskriptif dipilih untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam. Informan berusia 19 hingga 21 tahun dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yang mewakili latar belakang keluarga Tionghoa Totok atau Peranakan. Data dikumpulkan melalui kuesioner mengenai pola asuh yang dipersepsikan (otoritatif, otoriter, permisif) dan wawancara mendalam. Analisis tematik digunakan untuk mengelompokkan dan menganalisis data untuk mengidentifikasi tema utama dan memberikan wawasan lebih dalam mengenai pengaruh pola asuh terhadap prestasi akademik. Temuan penelitian ini menyoroti pentingnya komunikasi demokratis dan peran orang tua dalam mendukung kemandirian dan tanggung jawab anak-anak mereka. Selain itu, penelitian ini menekankan dampak dari metode disiplin non-otoriter terhadap perkembangan emosional dan akademik anak. Penelitian ini menyarankan bahwa pemahaman terhadap dinamika budaya ini dapat meningkatkan dukungan psikologis dan pendidikan bagi anak-anak dalam keluarga Tionghoa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keluarga Tionghoa; Komunikasi; Manajemen Waktu; Pola Asuh; Prestasi Akademik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: JEFRI SETYAWAN
Date Deposited: 25 Jun 2025 09:26
Last Modified: 25 Jun 2025 09:26
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/48740

Actions (login required)

View Item View Item