Analisis Ekuitas Merek Terhadap Konsumen Vitacimin Dan Xon Ce di Surabaya

Maria, Agustina (2000) Analisis Ekuitas Merek Terhadap Konsumen Vitacimin Dan Xon Ce di Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232198

Abstract

Pada saat ini, harga barang mengalami kenaikan maka konsumen akan lebih jeli dan teliti dalam memilih serta membeli suatu produk untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin yang berguna untuk menjaga stamina tubuh mereka yaitu vitamin C. Banyaknya produk-produk vitamin C, yang beraneka ragam baik bentuk, kemasan dan mereknya menyebabkan adanya persaingan antar merek suatu produk vitamin C. Sehingga merek mempunyai peranan penting dalam menghadapi persaingan antar kompetitor dan merek juga merupakan aset perusahaan yang paling bernilai. Jika suatu perusahaan ingin memenangkan persaingan antar merek maka perusahaan itu harus mempunyai merek yang kuat. Merek yang kuat akan memiliki kekayaan merek (ekuitas merek) yang tinggi. Ekuitas merek terdiri dari loyalitas merek (brand loyalty),kesadaran merek (brand awareness), kesan kualitas (perceived quality) dan asosiasi-asosiasi merek (brand association). Selain itu agar merek tersebut menjadi kuat adalah dengan memposisikan merek tersebut. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada konsumen yang pernah membeli dan mengkonsumsi Vitacimin dan Xon Ce. Hal ini bertujuan untuk mengetahui Ekuitas Merek dari responden Vitacimin dibandingkan dengan responden Xon Ce. Analisis Faktor dilakukan pada variabel-variabel kesan kualitas yang bertujuan untuk mengelompokkan variabel. Analisis Cluster dilakukan untuk dilakukan untuk mengelompokkan konsumen berdasarkan tingkat loyalitas, kemudian dilanjutkan dengan analisis Diskriminan untuk mengetahui persentase kebenaran pengelompokan. Analisis Manova dilakukan untuk mencari mean yang berbeda pada tiap cluster yang terbentuk. Selanjutnya dilakukan analisis Ketergantungan untuk mengetahui ketergantungan antara cluster dengan latar belakang konsumen sehingga diketahui karakteristik pada tiap cluster. Dan untuk mengetahui posisi merek vitamin C hisap antara Vitacimin, Xon Ce dan Vicee, dilakukan analisis dengan Multidimensional Scaling. Dari hasil analisis keseluruhan dapat disimpulkan bahwa nilai Ekuitas merek untuk vitamin C hisap merek Vitacimin dan Xon Ce sudah tinggi, tetapi Ekuitas Merek Vitacimin lebih tinggi jika dibandingkan Xon Ce. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara umum konsumen produk vitamin C hisap cenderung loyal terhadap merek tertentu dan merek mempunyai peranan yang dapat mempengaruhi konsumen dalam membeli vitamin C hisap. Dan hasil dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan­ perusahaan vitamin C hisap.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 09 Jan 2014 03:10
Last Modified: 09 Jan 2014 03:10
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4887

Actions (login required)

View Item View Item