Sutanto, Nadia (2004) Studi Terhadap Skor Modalitas Belajar Vark Mahasiswa Angkatan 2003, Fakultas Farmasi dan Psikologi Universitas Surabaya. [Undergraduate thesis]
![]() |
PDF
P_425_Abstrak.pdf Download (38kB) |
Abstract
Pada penelitian Sia (2003) telah disimpulkan bahwa sebagai instrumen gaya belajar, VARK yang dicetuskan Fleming 1987 tergolong cukup baik untuk mengungkapkan salah satu aspek gaya belajar, yaitu modalitas belajar. Modalitas belajar merupakan preferensi individu dalam menerima, menyerap, dan mengeluarkan informasi secara mudah. Penelitian ini melibatkan 464 mahasiswa baru (N:278 fakultas farmasi N:186 fakultas psikologi) dengan menggunakan teknik whole population sampling. Dengan menggunakan SPSS versi 10.0 instrumen VARK sebagai memiliki koefisien reliabilitas 0.4692 dan koefisien validitas berkisar anltaru 0.447-0.621. Uji beda skor modalitas VARK berdasarkan perbedaan fakultas, jenis kelamin dan kategori NRP tidak menunjukkan adanya perbedaan (p0 05). Uji korelasi antara skor modalitas dengan IPS menunjukkan adanya korelasi yang signifikan positif (p0.05) kecuali dengan modalitas kinestetik. Melalui uji korelasi dapat disimpulkan bahwa individu yang memiliki skor modalitas yang cendenmg tinggi memiliki IPS yang tinggr.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jenis Kelamin |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 08:31 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 08:31 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/48872 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |