Analisis Strategi Blue Ocean PT Darya-Varia Laboratoria TBK

Diasha, Amanda (2025) Analisis Strategi Blue Ocean PT Darya-Varia Laboratoria TBK. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 6 (1). pp. 238-251. ISSN 2620-2956; E-ISSN 2747-0490

[thumbnail of Amanda_Analisis Strategi Blue Ocean PT Darya-Varia Laboratoria TBK..pdf] PDF
Amanda_Analisis Strategi Blue Ocean PT Darya-Varia Laboratoria TBK..pdf

Download (723kB)
Official URL / DOI: https://doi.org/10.47467/elmal.v6i1.5807

Abstract

Studi kasus ini menganalisis penerapan strategi Blue Ocean oleh PT Darya-Varia Laboratoria Tbk, sebuah perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia, untuk menciptakan nilai tambah dan menghindari persaingan pasar yang ketat. Dengan teori manajemen strategis dan model strategi blue ocean, penelitian ini mengidentifikasi peluang inovasi, peningkatan efisiensi operasional, dan pengembangan pasar. Temuan menunjukkan bahwa penerapan strategi ini memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan keunggulan kompetitif melalui inovasi produk, peningkatan kualitas, dan teknologi digital yang terintegrasi. Dengan fokus pada kebutuhan pasar yang belum terpenuhi dan program loyalitas pelanggan, PT Darya-Varia Laboratoria mampu memperluas pangsa pasar tanpa menghadapi persaingan langsung, sekaligus meningkatkan reputasi dan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Blue Ocean Strategy; pharmaceuticals; innovation; competitive advantage; PT Darya-Varia Laboratoria Tbk
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Management
Depositing User: AMANDA DIASHA
Date Deposited: 16 Jul 2025 02:16
Last Modified: 16 Jul 2025 07:10
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/48977

Actions (login required)

View Item View Item