Diasha, Amanda (2025) Analisis Strategi Blue Ocean PT Darya-Varia Laboratoria TBK. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 6 (1). pp. 238-251. ISSN 2620-2956; E-ISSN 2747-0490
![]() |
PDF
Amanda_Analisis Strategi Blue Ocean PT Darya-Varia Laboratoria TBK..pdf Download (723kB) |
Abstract
Studi kasus ini menganalisis penerapan strategi Blue Ocean oleh PT Darya-Varia Laboratoria Tbk, sebuah perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia, untuk menciptakan nilai tambah dan menghindari persaingan pasar yang ketat. Dengan teori manajemen strategis dan model strategi blue ocean, penelitian ini mengidentifikasi peluang inovasi, peningkatan efisiensi operasional, dan pengembangan pasar. Temuan menunjukkan bahwa penerapan strategi ini memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan keunggulan kompetitif melalui inovasi produk, peningkatan kualitas, dan teknologi digital yang terintegrasi. Dengan fokus pada kebutuhan pasar yang belum terpenuhi dan program loyalitas pelanggan, PT Darya-Varia Laboratoria mampu memperluas pangsa pasar tanpa menghadapi persaingan langsung, sekaligus meningkatkan reputasi dan kinerja perusahaan secara keseluruhan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blue Ocean Strategy; pharmaceuticals; innovation; competitive advantage; PT Darya-Varia Laboratoria Tbk |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Programs > Master Program in Management |
Depositing User: | AMANDA DIASHA |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 02:16 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 07:10 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/48977 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |