Purnamabroto, Dindra Fai'mundiarti (2025) Analisis Blue Ocean Strategy pada PT Cisarua Mountain Dairy Tbk. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 6 (1). pp. 205-224. ISSN 2620-2956; E-ISSN 2747-0490
![]() |
PDF
Dindra_Analisis Blue Ocean Strategy pada PT Cisarua Mountain Dairy Tbk.pdf - Published Version Download (371kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan blue ocean strategypada PT Cisarua Mountain Dairy Tbk. Blue Ocean Strategyadalah suatu konsep strategi bisnis yang menekankan pada penciptaan ruang pasar yang tidak terkalahkan dan menjadikan persaingan tidak relevan. Penelitian ini menganalisis dokumen terkait strategi bisnis yang telah diterapkan. PT Cisarua Mountain Dairy Tbk termasuk dalam perusahaan fast moving consumer good (FMCG)yang menjual makanan dan minuman kemasan berbasis protein di Indonesia yaitu yogurt dan sosis premium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Cisarua Mountain Dairy Tbk telah menerapkan beberapa elemen blue ocean strategydalam upaya meningkatkan keunggulan kompetitif yaitu dengan melakukan inovasi produk, seperti yoghurtready-to-drinkdan varian premium, serta mengeliminasi ketergantungan pada promosi harga dan bahan pengawet. Strategi ini memungkinkan Cimory menciptakan pasar baru, memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam makanan sehat, serta memastikan pertumbuhan dan profitabilitas yang berkelanjutan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blue Ocean Strategy, PT Cisarua Mountain Dairy Tbk, Manajemen Strategis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Programs > Master Program in Management |
Depositing User: | DINDRA FAI'MUNDIARTI PURNAMABROTO |
Date Deposited: | 28 Jul 2025 01:52 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 01:29 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/49143 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |