Haviananda, Firman Raditya and Widodo, Mentari Septynaputri (2025) Pengaruh Content Marketing Terhadap Intention To Visit Studi Pada Desa Wisata Tosari. Jurnal Adi Jaya, 03 (04). pp. 559-564. ISSN 2964-7606
![]() |
PDF
PENELITIAN TOSARI.pdf Download (495kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mengubah strategi pemasaran, termasuk dalam promosi destinasi wisata. Salah satu dampak besar dari transformasi digital ini adalah pergeseran pola pemasaran dari metode tradisional menuju digital marketing yang lebih dinamis dan berbasis teknologi.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh content marketing terhadap intention to visit wisatawan ke Desa Wisata Tosari, sebuah destinasi berbasis budaya di kaki Gunung Bromo. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode non-probability purposive sampling, melibatkan 137 responden yang pernah melihat akun TikTok Desa Tosari. Analisis data dilakukan dengan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa content marketing berpengaruh signifikan terhadap niat berkunjung wisatawan (p < 0,05; CR = 10,445), dengan nilai validitas dan reliabilitas instrumen yang memenuhi standar (AVE > 0,50; CR > 0,70). Temuan ini mengindikasikan bahwa strategi konten yang menarik, relevan, dan konsistenmelalui media sosial mampu meningkatkan daya tarik destinasi dan membentuk niat kunjung wisatawan. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi pengelola desa wisata dalam merancang strategi digital marketing yang lebih efektif dan berdampak dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Content engagement, content marketing, intention to visit, tourism. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Polytechnic > Diploma in Marketing |
Depositing User: | MENTARI SEPTYANAPUTRI WIDODO |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 05:26 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 05:26 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/49307 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |