Pelatihan Penerapan Digital Marketing Untuk UMKM Di Desa Watuwungkuk, Probolinggo

Widodo, Mentari Septynaputri (2024) Pelatihan Penerapan Digital Marketing Untuk UMKM Di Desa Watuwungkuk, Probolinggo. PeKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7 (1). pp. 38-43.

[thumbnail of JURNAL PKM.pdf] PDF
JURNAL PKM.pdf

Download (232kB)
Official URL / DOI: https://doi.org/10.33508/peka.v7i1.5567

Abstract

Digital marketingkini merupakan cara baru yang digunakan oleh perusahaan untuk menjangkau konsumen. Digital marketingjuga merupakan salah satu strategi yang dapat membangun, menciptakan dan mengkomunikasikan value perusahaan secara online melalui platform digital. Kemampuan terkait digital marketingini juga tentunya sangat diperlukan bagi UMKM yang ada di Indonesia, guna meningkatkan daya saing mereka agar bisa bersaing dengan kompetitornya. Salah satu desa yang sangat memerlukan pelatihan terkait digital marketingadalah Desa Watuwungkuk, Probolinggo. Watuwungkuk adalah desa yang berada di kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia. Desa ini merupakan desa penghasil bawang merah. Dimana kebanyakan penduduk desa ini adalah pengusaha bawang goreng. Pengadian masyarakat ini dilakukan pada tanggal 7-8 Desember 2023. Metode dalam pelatihan ini dibagi menjadi 4 bagian, yaitu yang pertama menjelaskan mengenai pentingnya penerapan digital marketingdan jenis jenisnya, kemudan tahap kedua mempraktekkan langsung terkait digital marketingmelalui Instagram, tiktok dll. Kemudian mempraktekkan mengenai langkah langkah dalam memanfaatkan salah satu fitur Instagram, tiktok dan shopee.Kemudian tahap yang terakhir yaitu melakukan diskusi terkait aktivitas digital marketingyang telah dipraktekkan serta kendala yang dihadapi. Para pelaku UMKM merasa sangat terbantu dengan adanya pelatihan yang dilakukan. Sebanyak 10 UMKM sudah mulai membuat akun social media untuk produknya, dan beberapa sudah mulai belajar untuk melakukan proses pengambilan foto dan video yang diperlukan untuk konten dalam media sosialnya

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: digital marketing, content marketing, social media marketing
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Polytechnic > Diploma in Marketing
Depositing User: MENTARI SEPTYANAPUTRI WIDODO
Date Deposited: 05 Aug 2025 05:31
Last Modified: 05 Aug 2025 05:31
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/49308

Actions (login required)

View Item View Item