Sulistiowati, Ayu Pawistri (2025) Framing Effect dan Self-efficacy Dalam Pengambilan Keputusan Pengelolaan Perusahaan Oleh Direktur Utama. JUMPA (Jurnal Manajemen dan Penelitian Akuntansi), 18 (2). pp. 264-271. ISSN 1693-3907; E-ISSN 2746-7147
![]() |
PDF
Framing Effect dan Self-efficacy.pdf Download (886kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan basic research dengan tujuan untuk menguak lebih dalam apakah dalam pengambilan keputusan suatu perusahaan oleh seorang Direktur Utama juga tidak lepas akan framing effect dan mendalami efek self-efficacy yang dimiliki oleh seorang “atasan” berpengaruh dalam kebijakan yang dibuatnya. Dalam Teori Prospek yang mengamati fenomena perilaku manusia yang khususnya dalam pengambilan keputusan. Teori Prospek memprediksi bahwa keputusan yang diambil seseorang akan bergantung pada suatu informasi yang dibingkai sehingga dapat melihat dari satu perspektif saja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan melakukan wawancara singkat untuk mendalami hasil dan memperoleh data atau informasi yang dibutuhkan. Beberapa peneltian framing effect dan self-efficacy mengacu pada pemilihan bentuk investais. Namun penelitian ini mendalami efek dari framing effect dan self-efficacy yang dialami oleh Direktur Utama dalam mengambil keputusan dan menetapkan kebijakan yang dibuatnya dalam perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya terdapat framing effect dan efek self-efficacy dalam pengambilan kebijakan perusahaan yang dilakukan oleh Direktur Utama.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | framing effect, self-efficacy, main director, decision making, policy |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Postgraduate Programs > Master Program in Accounting |
Depositing User: | AYU PAWISTRI SULISTIOWATI |
Date Deposited: | 15 Sep 2025 04:32 |
Last Modified: | 15 Sep 2025 04:32 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/49536 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |