Abednego, Abednego (2001) Faktor-Faktor Pembentukan Loyalitas Merek Pada Pengguna Kartu SimPati. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Beragam kartu prabayar yang ditawarkan oleh masing-masing operator seluler membuat pelanggan harus menghadapi berbagai alternatif pilihan kartu prabayar. Ketika hendak membeli kartu prabayar, konsumen biasanya akan dihadapkan pada berbagai pilihan kartu prabayar dan harus memilih salah satu dari berbagai alternatif pilihan yang tersedia. Banyak faktor yang membentuk loyalitas merek pada pengguna kartu prabayar tersebut. Melalui penelitian awal diputuskan untuk melihat kartu simPATI sebagai obyek penelitian. Hal ini disebabkan karena kartu simPATI memiliki pelanggan yang paling banyak diantara kartu prabayar lainnya. Beranjak dari hal itu diadakan penelitian yang menggali faktor-faktor pembentukan loyalitas merek pada pengguna kartu simPATI. Setelah dilakukan analisis data dari masing-masing pasangan faktor dengan menggunakan t-test, diketahui bahwa ada 2 pasangan faktor yang perbedaannya tidak signifikan dalam arti antara masing-masing pasangan faktor tersebut tidak ada perbedaan dimana pada kolom sig. (2-tailed) angka yang dihasilkan oleh kedua pasangan faktor tersebut lebih besar dari 0,05. Kedua pasangan faktor tersebut adalah habitual behavior - satisfaction dan liking of the brand-commitment. Dari yang semula ada 5 tingkatan faktor-faktor pembentukan loyalitas merek ( diurutkan dari yang paling tinggi reratanya sampai yang paling rendah) yaitu: faktor satisfaction (x= 2,9795), faktor habitual behavior (x= 2,9568), faktor liking of the brand (x= 2,8785), faktor commitment (x= 2,8589) dan faktor switching cost (x= 2,5352), menjadi 3 tingkatan faktor-faktor pembentukan loyalitas merek yaitu: 1. Faktor satisfaction dan faktor habitual behavior 2. Faktor liking of the brand dan faktor commitment 3. Faktor switching cost Adapun saran-saran yang berkaitan dengan penelitian ini antara lain: 1) penambahan fasilitas pada kartu simPATI, 2) Telkomsel diharapkan lebih dekat dengan masyarakat, 3) melakukan inovasi-inovasi baru karena pelanggan rela membayar harga premium, 4) memperluas populasi penelitiannya.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Users 147 not found. |
Date Deposited: | 02 Oct 2013 11:11 |
Last Modified: | 31 Mar 2020 07:20 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4965 |
Actions (login required)
View Item |