Hubungan Kualitas Layanan Penunjang Akademis dan Kepuasan Mahasiswa

Ariyani, Henny (2001) Hubungan Kualitas Layanan Penunjang Akademis dan Kepuasan Mahasiswa. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148948

Abstract

Riset psikologi konsumen diperlukan agar suatu badan usaha dapat memperoleh hasil maksimal dalam usahanya. Salah satu topik dalam psikologi konsumen adalah kepuasan konsumen (customer satisfaction). Kepuasan konsumen menentukan agar suatu produk atau jasa dapat diterima oleh konsumen. Kualitas layanan memiliki indikasi berhubungan dengan kepuasan konsumen. Beberapa tokoh pemasaran seperti halnya Kotler atau Hermawan Kartajaya, mengungkapkan adanya indikasi hubungan tersebut. Di antara sejumlah badan yang menawarkan kualitas layanan, perguruan tinggi adalah salah satunya. Perguruan tinggi adalah salah satu bentuk lembaga yang menawarkan jasa pendidikan. Di dalam tawaran tersebut juga termasuk berbagai layanan. Salah satunya adalah layanan penunjang akademis yang merupakan elemen penting bagi kelangsungan proses belajar mengajar. Di dalam perguruan tinggi bertindak sebagai konsumen adalah mahasiswa. Seseorang yang telah terdaftar sebagai mahasiswa di suatu perguruan tinggi, berarti telah melunasi semua kewajibannya dan berhak memperoleh berbagai layanan yang menjadi hak seorang mahasiswa. Penelitian dilakukan pada populasi mahasiswa di Universitas Surabaya kampus Tenggilis. Metode pengambilan data menggunakan proportional random sampling. Jumlah sampel yang diambil adalah 104 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Sedangkan analisa data menggunakan teknik statistik product moment (Pearson Correlation). Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang sangat signifikan antara kualitas layanan dengan kepuasan mahasiswa (sig. (2-tailed) = 0,000 dan Pearson correlation = 0,975). Berdasarkan penelitian tersebut dapat dilihat bahwa kualitas layanan sangat berhubungan dengan kepuasan konsumen. Ini disebabkan kepuasan konsumen sebenarnya berbicara mengenai perbandingan antara apa yang telah dikorbankan dan hasil yang diterima. Mengingat kualitas layanan penunjang akademis dan kepuasan mahasiswa yang berada pada kategori sedang maka disarankan agar pihak Ubaya lebih memperhatikan dan meningkatkan kualitas layanan penunjang akademis.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Users 147 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2013 09:37
Last Modified: 02 Oct 2013 09:37
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4982

Actions (login required)

View Item View Item