Penerapan Analisis Profitabilitas Pelanggan Sebagai Alat Bantu Bagi Manajemen Untuk Menentukan Target Pasar Pada PT. Sari Jelly Di Samarinda

Lo, Ervi Johan (1998) Penerapan Analisis Profitabilitas Pelanggan Sebagai Alat Bantu Bagi Manajemen Untuk Menentukan Target Pasar Pada PT. Sari Jelly Di Samarinda. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153165

Abstract

Persaingan yang ketat dewasa ini mengharuskan badan usaha mengambil keputusan yang strategis. Di antaranya adalah menetapkan harga jual yang kompetitif. yang didasarkan pada efektifitas dan efisiensi produksi. Dengan semakin meningkatnya kegiatan perekonomian, semakin banyak pula permintaan yang harus dipenuhi yang berarti harus semakin banyak pula barang dan jasa yang harus disediakan untuk pemenuhan kebutuhan-kebutuhan tersebut. PT "X" adalah suatu badan usaha yang bergerak di bidang percetakan / offset printing dengan sistem kerja Job Order Production. Sistem Informasi Akuntansi yang dijalankan baik siklus pendapatan, siklus pengeluaran, siklus produksi, dan siklus keuangan masih menggunakan sistem manual. Personal Computer (PC) hanya digunakan sebagai alat bantu proses pembuatan laporan keuangan rutin dan pencatatan transaksi perusahaan. Sediaan barang yang digunakan adalah sediaan bahan baku dan sediaan barang jadi, di mana keduanya masih dicatat secara manual pula. Sistem Informasi Akuntansi merupakan suatu sarana yang digunakan untuk memberikan informasi keuangan kepada manajemen, khususnya hal-hal yang berhubungan dengan akuntabilitas dan pengendalian perusahaan. Hal ini penting karena di dalam suatu perusahaan yang cukup besar, pemilik (owner) belum tentu bertindak sebagai pekerja atau pengelola (manager), sehingga pemilik memberi kepercayaan kepada pengelola untuk menjalankan perusahaan dengan aktiva dan kewajiban yang ada agar digunakan secara bertanggung jawab. Oleh karena itu, informasi-informasi yang dihasilkan oleh suatu Sistem Informasi Akuntansi harus relevan dan memadai, karena akan digunakan di dalam pembuatan keputusan. Internal Control yang memadai di dalam suatu siklus produksi sangat diperlukan untuk memastikan bahwa kekayaan atau aktiva perusahaan terpantau dengan baik dan digunakan di dalam kegiatan usaha dengan perhitungan yang akurat. Demikian juga di dalam memenangkan persaingan yang ketat di pasar, suatu badan usaha harus memiliki daya jual lebih kepada konsumennya, salah satunya dengan melakukan produksi dengan harga yang lebih rendah. Oleh karena itu penyediaan informasi yang akurat, khususnya akan harga pokok produksi menjadi suatu kebutuhan mendasar bagi suatu badan usaha di dalam menyusun strategi pemasaran.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Eko Sasmito 200051
Date Deposited: 03 Jan 2014 08:39
Last Modified: 03 Jan 2014 08:39
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/4997

Actions (login required)

View Item View Item