Pengaruh Atribut Manfaat, Citra Merek dan Aktivitas Promosi Terhadap Keputusan Dokter Dalam Memilih Suatu Merek Obat yang Diresepkan

Linda , Purnawati (2003) Pengaruh Atribut Manfaat, Citra Merek dan Aktivitas Promosi Terhadap Keputusan Dokter Dalam Memilih Suatu Merek Obat yang Diresepkan. Masters thesis, University of Surabaya.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/222884

Abstract

Strategi marketing yang digunakan dalam industri farmasi terutama untuk obat yang diresepkan (ethical drugs) berbeda dari apa yang biasanya digunakan oleh market lainnya dimana decision maker (dokter) bukan merupakan user. Keterlibatan dokter sebagai key decision makers adalah alasan utama bagi perusahaan farmasi untuk fokus usaha promosinya pada dokter. Telah banyak penelitian lain yang dilakukan tentang pengaruh faktor-faktor pemilihan sebuah merek. Gonul et al. (2001) menyarankan dilakukan penelitian lebih lanjut tentang pengaruh aktivitas promosi yang dilakukan terhadap pemilihan sebuah merek oleh dokter, khususnya merek obat yang diresepkan. Dengan didesain bersama dengan atribut manfaat serta citra merek maka penelitian ini diharapkan bukan hanya aktivitas promosi saja yang manjadi pertimbangan dokter dalam menulis merek obat tetapi juga pertimbangan akan manfaat dan citra mereknya. Penelitian ini, diajukan untuk menguji sebuah model tentang pengaruh atribut manfaat, citra merek dan aktivitas promosi terhadap keputusan pemilihan suatu merek obat yang diresepkan khususnya pada dokter umum yang berpraktek dan bertempat tinggal di Surabaya. Sampel yang digunakan dalam panelitian ini adalah 100 orang dokter umum yang berpraktek dan bertempat tinggal di Surabaya yang terpilih sebagai sampel lalu dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Dari hasil penelitian ini, didapatkan aktivitas promosi mempunyai pengaruh yang paling besar terhadap keputusan dokter dalam melakukan pemilihan merek obat yang diresepkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Management
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 21 May 2012 06:54
Last Modified: 12 Oct 2015 01:36
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item View Item