Perbedaan Kemenarikan Antara Metode Value Bundle Dengan Odd Pricing Menurut Konsumen Di Swalayan Kampusku

Lasakar, Lena (2001) Perbedaan Kemenarikan Antara Metode Value Bundle Dengan Odd Pricing Menurut Konsumen Di Swalayan Kampusku. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148912

Abstract

Persaingan yang makin ketat memaksa pengusaha swalayan/Supermarket saling berebut konsumen. Untuk itu mereka menggunakan berbagai macam strategi harga di Swalayan Supermarket mereka untuk menarik konsumen. Dua buah strategi harga yang paling sering kita lihat di Swalayan/Supermarket adalah value bundle dengan odd pricing. Value Bundle dengan odd pricing merupakan dua buah strategi yang menarik karena sama-sama menawarkan potongan harga dengan prinsip yang berbeda, yakni untuk value bundle adalah penggabungan 2 produk atau lebih dalam satu paket dengan harga yang khusus. Sementara odd pricing adalah pemberian harga ganjil sedemikian rupa atau tambahan angka ganjil (5,9) pada produk tunggal, sehingga membuat konsumen berpikir bahwa ada diskon/potongan harga yang menarik. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Ubaya. Tehnik sampling yang digunakan adalah incidental sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisa data yang digunakan adalah t-test. Dari hasil analisa data dengan menggunakan t-test diperoleh hasil sebagai berikut: dengan uji-t antar kelompok Al-A2= 0.975 dengan p= 0.668 ; p> 0.05 atau tidak ada perbedaan kemenarikan antara metode value bundle dengan odd pricing menurut konsumen SK. Hal ini mungkin disebabkan karena potongan harga yang di berikan untuk value bundle dengan odd pricing tidak banyak, selisih harga antara value bundle dengan odd pricing tidak banyak, dan juga karena produk yang di tawarkan dalam brosur tidak sesuai dengan kebutuhan mereka saat itu. Untuk penelitian selanjutnya disarankan memakai jumlah produk yang lebih banyak dalam brosur untuk menarik perhatian konsumen.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Hari Subagijo 201031
Date Deposited: 01 Oct 2013 10:36
Last Modified: 01 Oct 2013 10:36
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5107

Actions (login required)

View Item View Item