Candra, Sony (2000) Evaluasi Penerapan Strategi Market Development Dengan Studi Kasus CV. Merak Oxigen di Kediri. Masters thesis, University of Surabaya.
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Banyak badan usaha melakukan formulasi strategi menggunakan konsep-konsep formulasi yang dibukukan oleh para ahli manajemen strategi namun sedikit sekali dari buku-buku manajemen strategi yang mengungkap secara jelas dan sistematik mengenai evaluasi strategi. Padahal evaluasi strategi merupakan sesuatu yang vital untuk mengontrol pelaksanaan formulasi strategi. Tanpa evaluasi strategi maka manajemen akan bekerja dua kali untuk mengantisipasi perubahan internal dan eksternal yang seringkali berubah dengan sangat cepat. Dengan evaluasi strategi yang tepat membuat badan usaha mendapatkan keuntungan untuk bergerak lebih dulu dari pesaing lainnya karena evaluasi strategi yang tepat memberikan sumbangan alternatif berbagai tindakan yang harus dilakukan badan usaha dalam mengantisipasi berbagai perubahan. Tesis ini mencoba untuk memadukan sekaligus membuktikan bahwa penerapan strategi bukan saja untuk badan usaha dengan skala yang besar namun juga dapat digunakan secara baik oleh badan usaha kecil, tentunya dengan melakukan berbagai penyesuaian. Walaupun hampir semua badan usaha melakukan evaluasi strategi, namun seringkali evaluasi strategi yang dilakukan hanya dari sisi analis internal. Analisa dalam tesis ini mencoba menyajikan secara lebih lengkap dan sistematis namun tetap berpegang pada prinsip-prinsip evaluasi strategi. Evaluasi strategi diambil sebagai topik inti dengan studi kasus pada CV Merak Oxigen karena adanya data-data yang lebih lengkap, selain itu kerjasamanya dengan PT Samator Gas Indonesia membuat analisa menjadi lebih lengkap. Dalam industri gas ini terdapat banyak badan usaha yang saling bersaing. Pertumbuhan industi dimulai sejak berdirinya PT Samator Gas Indonesia tahun 1979 dan diikuti banyak badan usaha yang lain. Dilihat dari ukuran badan usaha CV Merak Oxigen adalah follower, namun pertumbuhan usaha CV Merak termasuk cepat untuk badan usaha sekelasnya memicu manajemen untuk melakukan strategi yang sama dengan strategi yang dianut sejak tahun 1984. Strategi Market Development yang dianut CV Merak Oxigen itu dapat dilaksanakan lagi dengan syarat lolos setelah dilakukan evaluasi strategi. Evaluasi strategi dilakukan dengan menggunakan analisis External Factors Evaluation Matrix, Competitive Profile matrix, dan Internal Factors Evaluation Matrix dimana didapatkan hasil bahwa penggunaan strategi Market development masih memungkinkan. Untuk lebih meyakinkan dilakukan juga pembuktian dengan menggunakan lnternal-External Matrix.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Postgraduate Programs > Master Program in Management |
Depositing User: | Karyono |
Date Deposited: | 24 May 2012 08:03 |
Last Modified: | 05 Aug 2015 03:55 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/519 |
Actions (login required)
View Item |