Perancangan Strategi Pemasaran Untuk Pasar Baru Di Perusahaan Roti Triana

Mulyoraharjo, Susana (2002) Perancangan Strategi Pemasaran Untuk Pasar Baru Di Perusahaan Roti Triana. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136116

Abstract

Seiring dengan perubahan selera konsumen, perkembangan teknologi dan persaingan yang ketat antara perusahaan yang memproduksi barang sejenis, maka perusahaan harus mampu bertahan untuk tetap eksis di bisnis yang ada. Seperti diketahui, karena terjadinya krisis moneter di Indonesia, banyak perusahaan yang jatuh karena tidak mampu bertahan. Hal tersebut antara lain diakibatkan karena daya beli konsumen yang turun, peningkatan harga bahan baku, dan persaingan yang semakin ketat. Dalam situasi yang demikian, perusahaan harus mampu mencari konsumen yang potensial. Perusahaan roti Triana sebagai produsen roti juga merasakan dampak krisis moneter. Hal itu nampak dalam penurunan penjualan pada beberapa tahun terakhir yaitu 27,9% untuk penjualan roti tawar dan 18,2% untuk penjualan roti semir. Pasar roti Triana saat ini adalah kalangan menengah ke bawah. Dengan meningkatnya pesaing yang kini berjumlah sekitar 200 perusahaan dan meningkatnya harga bahan baku, perusahaan sulit meningkatkan harga jual roti karena daya beli konsumen yang rendah. Oleh karena itu, perusahaan memikirkan untuk memasuki pasar menengah ke atas yang berdaya beli lebih tinggi. Untuk itu perlu diadakan riset pemasaran terhadap pasar guna mencari perilaku pembelian, karakteristik dan preferensi konsumen untuk mengetahui pasar menengah ke atas yang mana yang menjadi target market perusahaan roti Triana yang baru. Penelitian dilakukan dengan meneliti segmen pasar dari ketiga pesaing yang telah ada di pasar ini, yaitu Jenni dengan pangsa pasar 26,9%, Dika 28,4%, dan Orion 44,7%. Penelitian ini ditujukan untuk meiihat karakteristik konsumen, pola-pola pembelian dan preferensi konsumen. Dari ketiga segmen pesaing ini, akan dipilih satu karakteristik konsumen yang paling tepat. Dari hasil penelitian, ternyata segmen pasar yang potensial untuk dijadikan target market adalah segmen pasar Jenni yang rata-rata merupakan kalangan menengah ke atas, mayoritas wanita (63,3%) berusia di atas 40 tahun (40%) yang menyukai roti yang enak dan banyak variasi. Loyalitas dari segmen pasar ini juga masih rendah dengan persentase mencoba merek baru 83,3% dan berpindah merek 72% sehingga ada kemungkinan untuk ditarik menjadi konsumen Triana yang baru. Setelah mengetahui karakteristik dan preferensi segmen pasar Jenni, dirumuskan strategi pemasaran yang disesuaikan dengan hasil penelitian tersebut. Dari hasil analisis strategi pemasaran menunjukkan perubahan dari hanya melayani segmen pasar menengah ke bawah, menjadi melayani kalaugan menengah ke atas dan bawah. Target pasar roti Triana yang baru adalah orang-orang yang belum terpuaskan oleh pesaing. Untuk itu, dilakukan analisis terhadap kelebiban dan kekurangan pesaing untuk menentukan hal-hal apa yang perlu dilakukan untuk membuat konsumen tertarik. Dari kekurangan pesaing, dapat diambil sebagai kelebihan Triana baru ini. Selain itu juga perlu menggabungkan kelebihan-kelebiban pada pesaing-pesaing yang ada untuk memberikan niiai lebih pada perusahaan. Perlu pula dilakukan diferensiasi utuk membedakan Triana baru dengan Triana lama dan pesaing lain. Dari analisis-analisis tersebut didapatkan produk dengan variasi tinggi, harga yang lebih tinggi dari pesaing Dika (20%), promosi dengan memberikan diskon mencapai 30% dan lebih frekuentif dibanding pesaing serta jangkauan area distnbusi yang mencapai 40% wilayah kota Sasaran market share pada pasar baru ini adalah 40% dari total market.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 03 Oct 2013 02:00
Last Modified: 03 Oct 2013 02:00
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5196

Actions (login required)

View Item View Item