Penerapan Result Control Dalam Sistem Distribusi Produk, Sebuah Studi Di Perusahaan Distribusi Air Minum Dalam Kemasan Di Surabaya

Safitri, Vivi (2001) Penerapan Result Control Dalam Sistem Distribusi Produk, Sebuah Studi Di Perusahaan Distribusi Air Minum Dalam Kemasan Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153273

Abstract

Ditengah persaingan pasar yang kian ketat, menuntut produsen untuk lebih berusaha dalam mempertahankan dan memperluas pangsa pasarnya. Terutama pada produk konsumsi, tidak mudah menemukan konsumen yang loyal pada produk ini, karena banyaknya produk dengan berbagai jenis dan merek yang ada menuntut selalu adanya pengembangan dan inovasi produk agar produk tersebut dapat tetap mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasarnya. Tetapi hal ini tidak berlaku bagi produk air minum dalam kemasan, sebab air mineral adalah air mineral, tidak mungkin ditambah formula atau inovasi produk baru. Oleh karena itu agar dapat mempertahankan dan memperluas pangsa pasarnya, produk ini harus memiliki sistem distribusi yang dapat menyediakan produknya secara rutin dan merata. Sistem distribusi ini menuntut adanya pengendalian atas pelaksanaannya agar dapat berjalan sesuai yang diharapkan perusahaan. Mengendalikan sistem distribusi secara langsung sulit untuk dilakukan, karena pekerjaan dalam distribusi yang terpencar secara geografis dan jauh dari perusahaan. Maka akan lebih mungkin bagi perusahaan jika melakukan pengendalian berdasarkan hasil kinerja yang telah dilakukan armada penjualannya dalam pelaksanaan distribusi tersebut. Result control sebagai salah satu bentuk pengendalian final dengan mengevaluasi apa yang telah dilakukan dan pengendalian berdasarkan hasil yang telah dicapai karyawan, melalui definisi dari dimensi kinerja, penilaian kinerja, penetapan target, serta pemberian reward dan punishment ini dapat digunakan dalam pengendalian pelaksanaan sistem distribusi dilapangan agar berjalan dengan baik. Studi kasus ini dilakukan di PT "X", yang merupakan perusahaan distribusi produk air minum dalam kemasan yang berlokasi di Surabaya, untuk mengetahui penerapan result control dalam meningkatkan efektifitas sistem distribusinya, dikaitkan dengan teori yang telah agar dapat dikembangkan lebih jauh. Penerapan result control di PT "X" dapat berjalan efektif, dengan adanya kondisi yang mendasari yaitu pengetahuan dan pengalaman area sales manager dan sales supervisor, hasil kinerja salesman dan dropper yang sepenuhnya dapat dikendalikan serta didukung dengan sistem distribusi yang tepat Dari studi yang dilakukan pada PT "X" ini diketahui bahwa dengan penerapan result control dalam sistem distribusinya, selain untuk pengendalian agar sistem berjalan dengan baik dan efektif tetapi juga dapat memberikan motivasi bagi tenaga penjual untuk lebih berusaha dilapangan dan sebagai dasar tindakan perbaikan bagi sistem distribusi itu sendiri dari segi tujuan, pengorganisasian wilayah, pertimbangan jumlah kapasitas fisik yang digunakan, penetapan standar, pengumpulan informasi, dan tindakan koreksi.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 03 Oct 2013 10:21
Last Modified: 03 Oct 2013 10:21
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5262

Actions (login required)

View Item View Item