Penerapan Activity-Based Costing Untuk Analisis Profitabilitas Pelanggan Pada Divisi Retail PT. Warnatama Cemerlang Di Surabaya

Astuti, Evi Dwi (2001) Penerapan Activity-Based Costing Untuk Analisis Profitabilitas Pelanggan Pada Divisi Retail PT. Warnatama Cemerlang Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/153242

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Analisis Profitabilitas Pelanggan yaitu sebuah teknik untuk mengetahui kontribusi laba atau rugi masing-masing segmen pelanggan yang dimiliki oleh badan usaha. Analisis Profitabilitas Pelanggan ini perlu dilakukan karena selama ini badan usaha hanya mengetahui bahwa bisnisnya mengalami keuntungan atau kerugian, namun pada kenyataannya tidak semua segmen pelanggan memberikan kontribusi sama, laba semua atau rugi semua. Bahkan bisa jadi ada segmen yang sangat menguntungkan dan segmen lainnya merugi. Activity based costing merupakan teknik akuntansi manajemen yang didasari oleh pemikiran bahwa aktivitas memicu biaya. Pembebanan biaya-biaya ke masing-masing segmen pelanggan adalah berdasarkan cost driver-nya. Melalui pembebanan biaya ini, akan diketahui profitabilitas masing-masing segmen pelanggan. Kemudian analisis ini dilanjutkan dengan teknik Decision Grid Analysis (DGA) yang menempatkan segmen- segmen pelanggan berdasarkan empat kategori yaitu winners, potentials, problems, dan lossers yang ditentukan berdasarkan hubungan antara margin laba dengan volume penjualannya. Badan usaha yang menjadi objek penelitian kali ini adalah salah satu distributor PT Warnatama Cemerlang yang khusus menangani penjualan retail. Sebagai sebuah divisi yang belum lama berdiri, performance dari divisi ini turut mendukung kelangsungan hidup dari PT Warnatama Cemerlang dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat. Hasil perhitungan profitabilitas pelanggan menunjukkan bahwa belum semua kelompok pelanggan memberikan kontribusi margin laba yang mendekati target yang ditentukan yaitu 10% dari penjualan. Kelompok pelanggan I menghasilkan margin laba 4,03%, kelompok II margin labanya 6,09%, kelompok III margin labanya 12,55%, kelompok IV margin labanya 7,9l%, dan kelompok V margin labanya 6,20%. Melalui Decision Grid Analysis diketahui bahwa hanya kelompok pelanggan II dan III masuk kategori potentials, sedangkan kelompok pelanggan I, IV, dan V masuk dalam kategori problems yang membutuhkan penanganan lebih serius. Hasil penerapan Analisis Profitabilitas Pelanggan diharapkan dapat menjadi masukan dalam rangka perbaikan operasionalnya dimasa datang melalui penentuan strategi penjualan yang tepat. Untuk kemudian, divisi ini tidak hanya memperhatikan peningkatan atau penurunan penjualan, namun juga mengarahkan perhatiannya pada cost to serve yang diserap oleh masing-masing pelanggan, sehingga dimasa datang profitabilitasnya dapat ditingkatkan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 07 Oct 2013 10:52
Last Modified: 07 Oct 2013 10:52
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5316

Actions (login required)

View Item View Item