Studi Konklusif-Deskriptif-Komparatif Tentang Faktor-faktor Internal dan Eksternal Pembeli yang Mempengaruhi Keputusan Membeli Kendaraan Mobil Mini Suzuki Karimun, Hyundai Atoz, dan KIA Visto di Surabaya

Laksmana, Yuwono (2002) Studi Konklusif-Deskriptif-Komparatif Tentang Faktor-faktor Internal dan Eksternal Pembeli yang Mempengaruhi Keputusan Membeli Kendaraan Mobil Mini Suzuki Karimun, Hyundai Atoz, dan KIA Visto di Surabaya. Masters thesis, University of Surabaya.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/222906

Abstract

Munculnya produk otomotif baru yaitu jenis mobil kendaraan mini yang biasa disebut dengan city car pada tahun 1999, menyebabkan terjadinya pergeseran marketshare yaitu penurunan marketshare jenis kendaraan station wagon. Munculnya jenis kendaraan ini dan respon positif yang diberikan oleh para konsumen memberikan gambaran adanya suatu fenomena yang lain di dalam hal pengambilan keputusan membeli oleh para konsumen, mengingat mobil ini merupakan jenis produk kendaraan mobil yang baru di Indonesia. Sampai dengan tahun 2001 produk mobil mini di lndonesia didominasi oleh tiga merek yaitu Suzuki Karimun, Hyundai AtoZ, dan KIA Visto. Ketiga merek ini mempunyai keunggulan produk masing-masing dimana Para pembeli ketiga produk tersebut akan dipengaruhi oleh faktor-faktor internal dan eksternal pembeli dalam mengambil keputusan membeli produk tersebut. Berdasarkan latar belakang yang diuraikan di atas maka penulis bermaksud untuk melakukan penelitian terhadap faktor yang mempengaruhi pembeli dalam mengambil keputusan membeli kendaraan mobil mini - Suzuki Karimun, Hyundai Atoz, dan KIA visto - di Surabaya. Penelitian ini berusaha untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yaitu apakah ada perbedaan faktor internal dan eksternal diantara para pembeli kendaraan mobil mini merek Suzuki Karimun, Hyundai AtoZ, dan KIA Visto dalam mengambil keputusan membeli kendanan tersebut?. Penelitian ini menggunakan metode analisis Test Of homogeneity of variances dan Anova dengan solware SPSS versi 10.0. Penelitian ini mengambil populasi para pembeli kendaraan mobil mini - Suzuki Karimun, Hyundai AtoZ dan KIA Visto - di wilayah kota Surabaya dengan usia antara 20-45 tahun. Berdasarkan hasil penelitian dan uji hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pada faktor eksternal pembeli berupa bauran pemasaran (produk harga, promosi, distribusi) dan faktor internal pembeli kelompok referensi, keluarga, peran dan status, gaya hidup, pribadi, motivasi, persepsi, pengalaman, dan keyakinan) antara pembeli kendaraan mobil mini Suzuki Karimun Hyndai AtoZ dan KIA Visto di Surabaya dalam mengambil keputusan membeli produk-Produk tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Management
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 29 May 2012 06:36
Last Modified: 27 Nov 2012 07:43
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/536

Actions (login required)

View Item View Item