CAL Kimia Dasar Hidrokarbon Untuk SMU Kelas I

Rahayu, Amelia (2001) CAL Kimia Dasar Hidrokarbon Untuk SMU Kelas I. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/231715

Abstract

Pelajaran kimia pertama kali didapatkan oleh siswa SMU kelas l Mengingat pentingnya kimia dasar untuk pengembangan pada kimia lanjutan maka pelajaran kimia dasar harus benar-benar dikuasai oleh siswa sekolah, khususnya siswa SMU kelas l Salah satu hal yang menjadi tolok ukur penguasaan pelajaran oleh siswa adalah nilai ulangan. Rata-rata siswa SMU kelas I mendapat nilai ulangan yang jelek pada pelajaran kimia tentang hidrokarbon. Beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut misalnya karena siswa kurang dapat memahami penjelasan yang diberikan oleh gurunya, siswa tidak menaruh minat terhadap pelajaran kimia tentang hidrokarbon, atau waktu pembelajarannya yang kurang mencukupi. Dalam hubungan antara pendidikan dan komputer, dikenal suatu perangkat lunak sebagai alat bantu ajar yang disebut CAL (Computer Aided Learning). Melalui tugas akhir ini dibuat suatu perangkat lunak tersebut yang diharapkan dapat digunakan untuk membantu siswa agar lebih mudah mempelajari dan memahami kimia hidrokarbon khususnya bagi siswa SMU kelas l Model CAL yang digunakan pada tugas akhir ini adalah tutorial, yaitu berisi teori, contoh soal dan evaluasi. Soal evaluasi ditampilkan secara acak sehingga pemakai tidak merasa bosan dan hafal dengan urutan soal yang disajikan. Di samping itu, CAL yang dibuat ini dapat menyajikan visualisasi dan kesempatan bagi pemakai, dimana sistem dapat melakukan konversi terhadap teks yang dimasukkan pemakai menjadi bentuk gambar model molekul. Berdasarkan Hasil jajak pendapat yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa perangkat lunak ini dapat membantu siswa SMU kelas I dalam mempelajari kimia hidrokarbon secara mandiri. Saran untuk menyempurnakan tugas akhir ini adalah dengan mengembangkan sistem multimedia yaitu memanfaatkan penjelasan lewat suara sehingga siswa dapat lebih mudah memahaminya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 11 Oct 2013 02:57
Last Modified: 11 Oct 2013 02:57
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5394

Actions (login required)

View Item View Item