Perbedaaan kredibilitas Multi Product Endorsers dan Single Product Endorsers antara Ibu Rumah Tangga Bekerja dan Ibu Rumah Tangga tidak Bekerja

Goentoro, Indarningsih (2000) Perbedaaan kredibilitas Multi Product Endorsers dan Single Product Endorsers antara Ibu Rumah Tangga Bekerja dan Ibu Rumah Tangga tidak Bekerja. Masters thesis, University of Surabaya.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/222902

Abstract

Di Indonesia produsen kerap kali menggunakan pesohor (celebrity) untuk mendongkrak penjualan produknya melalui iklan. Si artis dengan leluasa dapat memasarkan tiga atau empat merek sekaligus. Tidak heran bila iklan-iklan jenis ini jarang yang berhasilkan menciptakan brand loyalty, brand name awareness, dan brand associations. Tripp, Jensen dan Carlson (1994) menemukan bahwa pesohor yang membintangi banyak iklan pada satu kurun waktu yang sama (multi prduut endorsers) kredibilitasnya lebih rendah daripada pesohor yang membintangi satu iklan pada satu kurun waktu tertentu (single product endorsers). Hal ini nantinya akan mengurangi tingkat respon masyarakat dan sikap positif terhadap iklan yang dibawakan oleh mereka. Target dari penelitian ini adalah ibu rumah tangga dengan alasan bahwa ibu rumah tangga merupakan pengkonsumsi iklan yang cukup besar. Ibu rumah tangga sendiri dibagi menjadi ibu rumah tangga yang bekerja dan yang tidak bekerja. Penelitian ini dapat diklasifikasikan ke dalam penelitian konsklusif deskriptif yang menjelaskan perdedaan kredibilitas multi product endorsers dan sinqleproduct endorsers antara ibu rumah tangga bekerja dan ibu rumah tangga tidak bekerja di Surabaya. Hipotesis penelitian ini, yaitu (l) Diduga ada perbedaan kredibilitas multi product endorsers dan singleproduct endorsers bagi lbu rumah tangga bekerja (2) Diduga ada perbedaan kredbilitas singleproduct endorsers dan singleproduct endorsers bagi ibu rumah tangga tidak bekerja (3) Diduga ada perbedaan kredibilitas multi product endorsers antara ibu rumah tangga bekerja dan ibu rumah tangga tidak bekerja (4) Di duga ada perbedaan kredibilitas singleproduct endorsers antara ibu rumah tangga bekerja dan ibu rumah tangga tidak bekerja. Kredibilitas dari seorang endorser juga dipengaruhi oleh seberapa banyaknya dia mewakili atau membintangi iklan suatu produk atau jasa. Secara umum pesohor yang menjadi endorser hanya satu produk, lebih di sukai oleh konsumen dan memberikan anggapan positif terhadap produk yang diwakilinya. Lebih spesifik bahwa elemen kredibilitas dari pesohor sebagai seorang endorser adalah expertise, trustworthiness dan physical attractiveness. Rancangan uji hipotesis di dalam penelitian ini menggunakan uji statistitik inferensial, dengan menggunakan t-test dua ekor (two tailed test). level of significant (a) -nya adalah 5% sedangkan level of confidence (1-a) adalah 95%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan kredibilitas multi product endorsers dan singleproduct endorsers bagi ibu rumah tangga bekerja dan ibu rumah tangga tidak bekerja, juga diketahui bahwa ada perbedaan kredibilitas multi product endorsers antara ibu rumah tangga bekerja dan ibu rumah tangga tidak bekerja, serta adanya perbedaan kredibilitas singleproduct endorses antara ibu rumah tangga bekerja dan ibu rumah tangga tidak bekerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Management
Depositing User: Library
Date Deposited: 01 Jun 2012 03:34
Last Modified: 27 Nov 2012 07:46
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/549

Actions (login required)

View Item View Item