Pemodelan Sifat-Sifat Fisik Bola Pejal

Juarsa, Adi (1999) Pemodelan Sifat-Sifat Fisik Bola Pejal. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/226063

Abstract

Pemodelan obyek adalah suatu teknik untuk mempresentasikan sifat-sifat fisik obyek tersebut. Pemodelan obyek mempelajari sistem yang sudah ada atau system yang masih merupakan bayangan. Hasil yang dikeluarkan dalam pemodelan obyek adalah reaksi-reaksi dari obyek tersebut dalam berbagai kondisi. Untuk mengamati sifat-sifat fisik suatu obyek dan reaksi-reaksi obyek dalam berbagai kondisi atau interaksinya di dunia nyata ini secara langsung mungkin akan mengalami banyak kesulitan. Kesulitan itu biasanya berupa penyediaan benda yang mempunyai massa atau elastisitas tertentu. Sedangkan untuk mengamati kecepatan reaksi suatu obyek juga mungkin akan mengalami kesulitan. Kecepatan reaksi yang sangat cepat sulit untuk dilihat dengan mata, sedangkan kecepatan reaksi yang sangat lambat terlalu lama dan membosankan untuk diamati. Kesulitan yang lain adalah jika suatu saat kita ingin menyelidiki pengaruh gravitasi terhadap suatu model. Hal ini tidak mungkin dilakukan pada dunia nyata ataupun kalau bisa akan menghabiskan cukup banyak uang dan tenaga. Sebagai contoh, kita ingin mengetahui bagaimana pengaruh tumbukan antara dua bola dengan menggunakan gravitasi di bumi dan dengan menggunakan gravitasi di bulan. Untuk mengatasi kesulitan di atas maka penulis membuat suatu perangkat lunak yang dapat menggambarkan sifat-sifat fisik dan reaksi-reaksi obyek berupa bola dalam berbagai kondisi. Bola yang akan dimodelkan adalah bola pejal. Parameter dari bola adalah posisi, kecepatan, massa, radius dan warna. Untuk reaksi bola yang diimplementasikan adalah tumbukan bola dengan bidang datar dan tumbukan bola dengan bola. Supaya pemodelan bola pejal dapat menggambarkan sifat-sifat fisik dan reaksi-reaksi dari bola pejal dalam berbagai kondisi seperti yang terjadi di dunia nyata, maka digunakan konsep-konsep fisika yaitu gerak dan momentum. Posisi bola, kecepatan bola dan percepatan gravitasi merupakan bentuk vektor yang digunakan untuk menggambarkan bola di suatu ruang tiga dimensi. Untuk penggambaran bola di suatu ruang tiga dimensi pada layar komputer digunakan cara proyeksi dan fungsi fungsi OpenGL. Parameter dari bola, percepatan gravitasi, koefisien restitusi atau kelentingan dan ketelitian waktu dimasukkan melalui user interface. Setelah proses pemasukan data, bola digerakkan sesuai dengan konsep-konsep fisika. Proses selanjutnya adalah mencari waktu tumbukan yang terkecil, yang digunakan sebagai proses bergeraknya bola. Jika bola bertumbukan dengan bidang, maka digunakan konsep fisika tentang elastisitas untuk merubah arah kecepatan bola. ketika bola bertumbukan dengan bola yang lain, maka bola akan dipantulkan sesuai dengan konsep fisika tentang hukum kekekalan momentum dan elastisitas untuk merubah arah kecepatan kedua bola Program akan berhenti bila terjadi penekanan tombol esc. Dengan pembuatan tugas akhir ini, penulis mengharapkan supaya perangkat lunak ini dapat dimanfaatkan untuk mempelajari dan mengamati sifat-sifat fisik dan reaksi-reaksi bola pejal dalam berbagai kondisi.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 17 Dec 2013 08:23
Last Modified: 17 Dec 2013 08:23
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5499

Actions (login required)

View Item View Item