Ramlan, Anita and Suryaningsih, Mery (1998) Study Tentang Brand Loyalty Restoran Pizza Hut Di Surabaya. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Perkembangan restoran pizza yang sangat pesat mengakibatkan persaingan di bidang usaha tersebut tidak dapat dielakkan, sehingga pengelola restoran pizza perlu berbenah diri agar mampu bertahan dan berkompetisi dalam menghadapi persaingan tersebut. Masing-masing restoran tersebut bersaing dalam segi kualitas, harga, fasilitas maupun pelayanan untuk mencapai target jumlah pembeli seperti yang diharapkan. Pihak pengelola dituntut untuk lebih efektif melakukan analisa terhadap perilaku serta selera konsumen sehingga dapat mengetahui dan memahami secara berkesinambungan apa, mengapa, bagaimana, kebutuhan, keinginan, selera, serta perilaku konsumen agar perusahaan dapat mengembangkan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan produknya dengan lebih baik. Sehingga perlu diciptakan win win condition bagi produsen dan konsumen, yang mana dalam kondisi ini konsumen mendapat keuntungan berupa kualitas, fasilitas, pelayanan yang baik serta harga yang terjangkau, sedangkan bagi produsen mendapat keuntungan terbentuknya citra yang positif dan loyalitas yang tinggi dari konsumen yang nantinya merupakan kekuatan yang dapat mendorong peningkatan penjualan. Restoran Pizza Hut adalah restoran pizza yang pertama kali ada si Surabaya ini. Pada saat pertama kali berdiri tidak ada pesaingnya. Sehingga Pizza Hut menguasai pasarnya sendiri. Dengan semakin banyaknya perubahan-perubahan yang terjadi maka saat ini banyak bermunculan restoran pizza-restoran pizza baru yang sating memberikan keunggulannya masing-masing. Keadaan yang semacam ini sedikit banyak akan berpengaruh pada konsumen Pizza Hut yang juga akan mempengaruhi keuntungan yang di dapatkannya. Sehingga pada makalah ini akan dibahas mengenai bagaimanakah image Pizza Hut dibenak konsumen restoran pizza. Apakah image-nya tetap kuat atau berkurang karena adanya pesaingnya tersebut. Juga untuk mengetahui bagaimena loyalitas konsumen terhadap Pizza Hut. Pada penelitian ini Cross-tabs untuk mengetahui apakah image Pizza Hut benar-benar kuat dibenak konsumen restoran pizza. Dimana konsumen restoran pizza yang diambil adalah konsumen tiga macam restoran pizza yang ada di Surabaya. Setelah mengetahui bahwa image Pizza Hut memang kuat maka dilakukan pengelompokan loyalitas konsumen berdasarkan frekuensi kunjungannya ke pestotan Pizza Hut berbanding dengan frekuensi kunjungannya ke restoran pizza dalam jangka waktu 6 bulan terakhir. Dari hasil pengolahan yang dilakukan didapatkan 5 segmen loyal yang ada di Pizza Hut. Dimana segmen 1 adalah yang suka Pizza Hut dan hanya pernah makan di Pizza Hut saja. Segmen 2 sampai segmen 4 adalah yang suka Pizza Hut tapi pernah mencoba restoran pizza lainnya dan segmen 5 adalah yang tidak suka Pizza Hut dengan ciri-ciri ada yang pernah makan dan ada yang belum pernah makan di Pizza Hut. Dari segmen loyal yang ada mampu memberikan konstibusi keuntungan yang berbeda-beda pada Pizza Hut, keuntungan terbesar diberikan oleh segmen 1 dan segmen 2, keuntungan terkecil diberikan oleh segmen 5. Dari konsumennya yang beraneka ragam tingkat loyalitasnya tersebut maka pihak Pizza Hut harus berusaha untuk mempertahankan konsumennya yang loyal (segmen 1 dan segmen 2) dan meningkatkan kepuasan konsumen yang loyal prospektif (segmen 3). Pizza Hut pada saat ini telah mampu memberikan suatu ciri atau 'nilai lebih' yang mampu diingat oleh konsumennya sehingga tetap mampu mempertahankan image-nya ditengah persaingan yang ada.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Moch. Ali Syamsudin 197011 |
Date Deposited: | 17 Oct 2013 06:47 |
Last Modified: | 17 Oct 2013 06:47 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5576 |
Actions (login required)
View Item |