Analisa Kualitas Layanan Konsumen Dengan Pendekatan Service Quality Pada Bioskop Galaxy 21 Surabaya

Tedjokusumo, Fanly (1998) Analisa Kualitas Layanan Konsumen Dengan Pendekatan Service Quality Pada Bioskop Galaxy 21 Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/230960

Abstract

Seiring dengan perkembangan jaman, kebutuhan manusia pun menjadi semakin kompleks. Kebutuhan manusia yang sekarang tidak hanya berupa sandang, pangan, dan papan yang berwujud fisik, tetapi juga kebutuhan akan jasa yang tidak berwujud benda fisik. Salah satu kebutuhan tersebut adalah kebutuhan akan hiburan. Dewasa ini, dunia hiburan mengalami kemajuan yang pesat. Dengan didukung oleh perkembangan teknologi, maka keberadaan bioskop sebagai sarana hiburan yang banyak digemari masyarakat menjadi penting. Bioskop GALAXY 21 adalah salah satu bioskop yang cukup dikenal di Surabaya. Untuk meningkatkan jumlah penonton yang melihat pertunjukan di bioskop GALAXY 21, perlu diketahui karakteristik dari para penonton tersebut. Dari informasi inilah nantinya akan disusun perbaikan-perbaikan bagi pihak bioskop GALAXY 21. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada para penonton yang pernah melihat pertunjukan di bioskop GALAXY 21. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ekspektasi dan tingkat persepsi para penonton terhadap layanan yang diterima selama melihat pertunjukan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis Deskriptif untuk menggambarkan latar belakang penonton secara umum. Selanjutnya dilakukan analisis Cluster untuk mengelompokkan para penonton berdasarkan tingkat harapan. Untuk mengetahui karakteristik dari masing-masing cluster dilakukan analisis Cross Tabs. Kemudian juga dilakukan analisis Gap 5 untuk masing-masing cluster dengan menggunakan acuan variabel-variabel dan 5 Dimensions of Service Quality. Berdasarkan analisis-analisis di atas, masing-masing cluster yang terbentuk mempunyai tingkat ekspektasi, tingkat persepsi dan karakteristik yang berbeda. Hasil lain dari penelitian ini adalah dapat diketahuinya variabel-variabel apa saja yang perlu mendapat perhatian dari pihak bioskop GALAXY 21. Hasil yang diperoleh diharapkan dapat membantu pihak bioskop GALAXY 21 untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanannya sehingga dapat bersaing dengan bioskop-bioskop yang lain.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 17 Oct 2013 06:43
Last Modified: 17 Oct 2013 06:43
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5577

Actions (login required)

View Item View Item