Aplikasi Activity Based Costing untuk Perhitungan Besarnya SPP Siswa Sekolah Dasar Ciputra Surabaya

Maringka, Meidy Bernadette (1999) Aplikasi Activity Based Costing untuk Perhitungan Besarnya SPP Siswa Sekolah Dasar Ciputra Surabaya. Masters thesis, University of Surabaya.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/222946

Abstract

Tersedianya informasi biaya yang tepat dan akurat akan sangat menunjang manajemen dalam menentukan beragam kebijakan, terutama untuk membantu kepentingan manajerial dalam hal costing, decision making dan planning serta control. Activity-Based Costing System (ABC System) merupakan sistem akuntansi biaya yang mampu menghasilkan informasi biaya yang lebih akurat, dapat mengakomodasikan dan membebankan biaya-biaya yang terjadi secara tepat. Dengan kata lain ABC system adalah suatu sistem dalam akuntansi biaya yang mampu merefleksikan konsumsi biaya dan sumber daya dalam kegiatan produksi ataupun penyediaan jasa. ABC system menelusuri biaya ke produk atau jasa atas dasar aktivitas yang digunakan untuk menghasilkan produk atau jasa tersebut sehingga ABC system dapat dipakai untuk meningkatkan akurasi kalkulasi beban produk atau jasa dan mengurangi distorsi biaya. Melalui penulisan ini ingin ditunjukkan bahwa kepentingan manajerial yang berkaitan dengan costing perlu ditunjang oleh tersedianya informasi akuntansi manajemen yang menghasilkan informasi biaya yang akurat yang harus dibebankan kepada siswa atas layanan jasa pendidikan yang dikonsumsi. Aplikasi ABC dimaksudkan untuk memperoleh informasi biaya yang akurat yang harus dibebankan kepada siswa atas jasa layanan pendidikan yang diberikan karena ABC mendasarkan pembebanan biaya pada aktivitas pendidikan dan sumber daya yang dikonsumsi. Aktivitas pendidikan yang dimaksud tidak hanya yang terkait langsung dengan pendidikan tetapi juga yang bersifat sebagai penunjang pendidikan dan non pendidikan. Dengan penerapan ABC dapat diketahui beban pokok tiap siswa dari masing-masing jenjang kelas, dan juga mereka yang termasuk kelompok "slow learners" ya g memerlukan bantuan khusus, sehingga dapat diputuskan apakah untuk siswa kategori ini perlu dikenakan biaya tambahan atau tidak. Hasil penulisan ini menunjukkan bahwa dengan dilakukannya perhitungan beban pokok jasa pendidikan pada setiap awal tahun pelajaran akan sangat membantu pengelola untuk menentukan besarnya SPP yang harus dibayarkan oleh tiap siswa. Terlihat bahwa jumlah siswa, jenis aktivitas dan guru pengasuh mempunyai pengaruh yang significant terhadap biaya. Penerapan ABC system pada SC dilakukan dalam beberapa tahap sebagai berikut: (1) mengidentifikasikan jenjang pendidikan yang akan dianalisis, (2) identifikasi aktivitas pendidikan yang dijalankan oleh di sekolah khususnya di unit yang diteliti, (3) pengelompokkan aktivitas, dan (4) analisis alur biaya berdasarkan cost driver untuk mendapatkan biaya-biaya tidak langsung atas masing-masing cost center unntuk kemudian dialokasikan ke masing-masing siswa sesuai dengan jenjang pendidikan mereka dan jam belajar yang diserap.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Management
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 01 Jun 2012 07:38
Last Modified: 24 Nov 2015 07:47
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/558

Actions (login required)

View Item View Item