Implementasi Business Plan PT Dian Argapura Perkasa Jember

., Herli and Soejono, Elly Watie (1998) Implementasi Business Plan PT Dian Argapura Perkasa Jember. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/230967

Abstract

PT Dian Argapura Perkasa merupakan sebuah perusahaan perkebunan yang berkedudukan di Jember, dengan komoditi yang dikembangkan terdiri dari karet, kopi dan cengkeh. Perkebunan ini diberi nama perkebunan Kali Tengah. Saat ini perusahaan sedang melakukan peremajaan terhadap sebagian tanaman kopinya yang dalam jangka waktu 9 tahun mendatang akan mengalami lonjakan hasil produksi tanaman kopi. Selama ini kopi yang dihasilkan dari perkebunan ini 60%-nya merupakan kopi kualitas atas yang memenuhi syarat untuk dieksport. Sedangkan sisanya merupakan kopi kualitas bawah yang dijual ke perusahaan pengolahan kopi lokal. Mempertimbangkan kondisi diatas serta untuk menghadapi persaingan ekonomi yang semakin ketal dan mempersiapkan dan menyongsong era globalisasi, maka pihak manajemen PT Dian Argapura Perkasa telah mengambil keputusan untuk mengadakan diversifikasi secara vertikal terhadap hasil perkebunan kopi di Kalitengah, yaitu dengan mendirikan pabrik pengolahan kopi bubuk untuk mengolah 40% kopi hasil perkebunan Kali Tengah yang selama ini dijual ke perusahaan kopi bubuk lokal lainnya. Berkaitan dengan rencana tersebut, maka diperlukan perencanaan yang Iebih terperinci untuk mendirikan pabrik tersebut, yang terdiri dari perencanaan pemasaran, perencanaan operasional, perencanaan organisasional dan perencanaan keuangan. Pada marketing plan ini, akan dibahas mengenai penentuan demand (pangsa pasar) perusahaan selama horison perencanaan lima tahun dan strategi pemasarannya. Pada operational plan ini akan dibahas mengenai bagaimana menentukan letak lokasi yang sesuai, menentukan kapasitas pabrik, Jumlah mesin dan perhitungan luas Iantai yang diperlukan, serta menentukan harga pokok penjualannya. Untuk menentukan kapasitas pabrik, ada dua alternatif strategi yaitu alternatif besarnya kapasitas ditentukan oleh 40% dan jumlah kopi mentah yang diproduksi oleh perusabaan, dengan menyesuaikan besarnya pangsa pasar yang telah didapat dan marketing plan dan alternatif ll besarnya kapasitas ditentukan oleb jumlah pangsa pasar yang ada. Sedangkan untuk menentukan jumlah dan tipe mesin yang digunakan ada beberapa alternatif strategi pemilihan mesin. Dalam organizational plan ini akan dibahas mengenai struktur organisasi usulan beserta job descriptionnya untuk perusahaan. Dalam financial plan ini, semua biaya-biaya yang terjadi diolah dan dihitung untuk mendapatkan laporan-laporan keuangan, kemudian dilakukan analisa lebih lanjut untuk menganalisa kondisi keuangan perusahaan.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 17 Oct 2013 06:54
Last Modified: 17 Oct 2013 06:54
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5596

Actions (login required)

View Item View Item