Astan, Novilia and ., Linamulia (1997) Studi Pariwisata Dan Tour Dan Travel di Jawa Timur. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Dewasa ini pariwisata di Indonesia sudah menjadi bidang pembangunan yang mendapat perhatian khusus, terlebih karena semakin disadarinya bahwa pariwisata merupakan aset negara yang penting untuk meningkatkan devisa negara. Selain itu pembangunan di bidang pariwisata juga membawa dampak ekonomi yang cukup baik. Perkembangan pariwisata di Indonesia menarik perhatian pihak swasta. Mereka mendirikan berbagai jenis usaha di bidang jasa yang dapat ditawarkan kepada para wisatawan, seperti mendirikan hotel, bungalow, motel dan jenis akomodasi lainnya, membuka usaha restoran yang menawarkan berbagai jenis masakan dan menyediakan berbagai sarana transportasi untuk memudahkan wisatawan dalam bepergian ke tempat-tempat yang menjadi tujuan wisatanya. Seiring dengan perkembangan pariwisata itu, timbul berbagai masalah yang semakin kompleks. Wisatawan merasa perlu adanya suatu agen atau biro yang mengatur perjalanan yang akan mereka lakukan baik untuk tujuan wisata maupun untuk tujuan lainnya yang meliputi sarana transportasi, akomodasi, dan tiket maupun dokumen yang mereka perlukan selama perjalanan mereka. Semua jasa ini sangat dibutuhkan oleh wisatawan terutama bagi mereka yang baru pertama kali melakukan perjalanan wisata dan tidak memiliki teman atau kerabat yang dapat membantu mereka. Agen/biro yang menawarkan semua jasa tersebut adalah agen/biro perjalanan. Jadi dapatlah dikatakan bahwa perkembangan pariwisata tidak terlepas dari penggunaan jasa agen/biro perjalanan. Agen/biro perjalanan menunjang perkembangan industri pariwisata dan merupakan salah satu mata rantai yang penting dalam memajukan pariwisata. Perkembangan pariwisata sangat berkaitan dengan penggunaan jasa biro perjalanan khususnya di Jawa Timur. Selama ini biro perjalanan dianggap berhubungan sekali dengan dunia pariwisata. Tapi bagaimana keterkaitan antara keduanya perlu dirumuskan secara jelas. Selain itu juga ingin dilihat alasan apa yang mendorong wisatawan dalam menentukan biro perjalanan yang menjadi pilihannya dan faktor-faktor pendukung penggunaan jasa biro perjalanan terhadap pertumbuhan pariwisata di Jawa Timur. Dari penelitian ini juga ingin dilihat apakah ada perbedaan antara wisatawan asing dan domestik dalam memberikan penilaian mereka terhadap kualitas pelayanan suatu hotel dan biro perjalanan yang mereka pakai serta ekspektasi mereka terhadap suatu biro perjalanan, rute-rute wisata, dan adanya 'city tour' di kota Surabaya. Ternyata memang ada perbedaan antara wisatawan asing dan domestik dalam penilaian mereka terhadap kualitas pelayanan biro perjalanan, ekspektasi mereka terhadap suatu biro perjalanan dan rute-rute wisata. Sedangkan dalam hal kualitas pelayanan hotel dan ekspektasi mereka terhadap 'city tour' di Surabaya, mereka memberikan penilaian yang sama. Setelah melakukan analisa, maka ternyata terdapat 3 segmen responden baik berdasarkan penilaian terhadap kualitas pelayanan maupun ekspektasi. Di mana segmen-segmen tersebut nantinya digunakan untuk membantu suatu biro perjalanan/travel agent dalam membuat perencanaan pasar yang lebih efisien dan strategi promosi yang tepat, dalam usahanya untuk meningkatkan profit dengan tidak mengurangi perhatian pada masalah kualitas pelayanan, yang membawa dampak tidak saja pada peningkatan profit perusahaan tetapi juga yang paling penting adalah mendapatkan loyalitas dan kepercayaan konsumen.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 16 Dec 2013 07:46 |
Last Modified: | 16 Dec 2013 07:46 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5625 |
Actions (login required)
View Item |