Novita, Vera (2001) Analisis Pengaruh Pengalaman Masa Lalu Terhadap Pembentukan Loyalitas Konsumen. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Seiring dengan perjalanan waktu dan teknologi yang senakin canggih meyebabkan banyak sekali bermunculan produk dan jasa sekaligus berkembang pesat di negara maju bahkan sampai ke negara berkembang seperti negara Indonesia. hal ini membuat konsumen semakin selektif dalam memilih produk dan jasa yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang semakin meningkat sehingga timbul persaingan yang begitu ketat diantara para produsen untuk mendapatkan kesetiaan konsumen Maka dari itu untuk meraih kesetiaan konsumen itu, produsen dituntut untuk memberikan yang terbaik sesuai dengan keinginan konsumen sehingga apa yang diberikan dapat menimbulkan pengalaman yang positif dan kepuasan tersendiri di saat konsumen kembali membeli produk dan jasa yang dijual. Berdasarkan latar belakang diatas, maka tidaklah cukup bila pihak produsen hanya mengandalkan perbaikan pelayanan tapi juga harus dilihat kembali keseluruhan baik produk service maupun perilaku konsumen itu sendiri. Untuk itulah penelitian dilakukan lehih lanjut. tentang variabel-variabel kepuasan dengan sekaligus menambah satu dimensi pengukuran lain yaitu variabel pengalaman membeli kosumen di masa lalu yang dapat membantu merefleksikan pengaruh suatu kepuasan terhadap loyalitas konsumen. Sehingga agar nantinya dapat diharapkan memberi masukan-masukan yang bermanfaat bagi perkembangan pihak perusahaan produk maupun jasa, maka penelitian ini hanya mengambil 5 kategori produk dan jasa yang mewakili jenis-jenis produk dan jasa yang ada antara lain produk sabun mandi ( Convenience Goods ) pakaian (Shopping Goods), Asuransi Kecelakaan ( Unsought Goods ), Warnet ( Hybrid ) dan restoran-restoran (Jasa Murni). Penelitian yang dilakukan pertama adalah dengan cara kuesioner kepada konsumen di sekitar Surabaya secara acak. Adapun kuesioner itu terbagi menjadi 2 bagian dimana bagian I tentang demografi responden dan bagian ke II ini terdiri dari bagian tentang latar belakang konsumen dalam menggunakan produk dan jasa, bagian tentang seberapa jauh kepuasan konsumen dan bagian tentang tipe-tipe loyalitas konsumen dan variabel pengalaman membeli konsumen di masa lalu. Untuk menganalisisnya metode yang digunakan adalah analisis deskriptif guna mendapatkan gambaran karakteristik konsumen secara global pada masing-masing produk dan Jasa yang ada. Selanjutnya dilakukan pengelompokan responden yang berdasarkan produk dan jasa yang diguakan dalam penelitian. Selain itu untuk mengetahui adanya variabel pembeda antara tipe-tipe loyalitas yang dimiliki oleh konsumen, maka dilakukan uji manova. Selanjutnya dilakukan uji crosstab untuk mengetahui ketergantungan antara kepuasan dan loyalitas konsumen. Metode/uji regresi yang dilakukan berikut ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen. Langkah yang terakhir adalah analisis hubungan antara kepuasan, pengalaman dan loyalitas yang dilakukan dengan menggunakan grafik berdasarkan kelima macam produk dan jasa ini dimana masing-masing argumen yang berbeda-beda terhadap ketiga variabel di atas. Dari langkah-langkah di atas, didapatkan 5 kelompok responden yang terdiri dari kelompok responden sabun mandi, pakaian, asrransi kecelakaan, warnet dan restoran dengan masing-masing kelompok responden mempunyai sejumlah konsumen memiliki tipe loyalitas yang berbeda-beda yaitu hardcore, softcore, shifting don switcher. Untuk hasil pengujian manova dapat diketahui bahwa variabel-variabel pembeda menurut produk dan jasa yang diteliti. Setelah pengujian crosstab yang menghasilkan adanya pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas yang terbentuk. Selanjutnya dari hasil pengujian regresi yang didapatkan adanya perbedaan pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen pada tiap-tiap produk dan jasa. Dan hasil dari langkah yang terakhir dapat diketahui bahwa kepuasan yang tinggi mendukung untuk menciptakan suatu pengalaman konsumen dalam membeli sehingga dengan demikian loyalitas konsumen akan timbul sebagaimana mestinya. hasil analisis-analisis dapat diharapkan dapat memberikan masukan-masukan yang berguna bagi pihak perusahaan produk dan jasa supaya terlebih dahulu memikirkan perbaikan yang terencana dimana nantinya perbaikan itu menimbulkan pengalaman yang memuaskan konsumen dalam membeli dan menggunakan produk dan jasanya untuk selanjutnya.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 14 Dec 2013 04:16 |
Last Modified: | 14 Dec 2013 04:16 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5657 |
Actions (login required)
View Item |