Analisa Faktor Kepemimpinan Transformasional Terhadap Komitmen Kinerja Front Line Staff di Bank Bali

Indah, Cynthia Kartika (1999) Analisa Faktor Kepemimpinan Transformasional Terhadap Komitmen Kinerja Front Line Staff di Bank Bali. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232617

Abstract

Kepemimpinan merupakan suatu bentuk keadaan dimana seseorang dapat dijadikan panutan, contoh atau sebagai pengendali dalam lingkungan tertentu. Dengan kondisi yang ada seperti sekarang ini maka di dalam manajemen perlu adanya pola kepemimpinan yang benar-benar baik supaya semua tujuan organisasi dapat tercapai. Apalagi dalam bidang perbankan di Indonesia sekarang ini pemimpin yang baik dalam arti bisa mengendalikan situasi dan bawahannya dengan pola pikiran, tindakan serta kebijaksanaan-kebijaksanaan yang diambil harus ada. Kepemimpinan yang cocok untuk situasi sekarang ini adalah pola Kepemimpinan Transformasional yaitu pemimpin yang merupakan gabungan dari pola Kepemimpinan Kharismatik dan Kepemimpian Transaksional serta merupakan pengembangan dari pola kepemimpinan-kepemimpinan yang sebelumnya. Melihat hal tersebut maka diadakan penelitian Analisa Kepemimpinan Transformasional Terhadap Komitmen Kinerja Front Line Staff Di BANK BALI Dalam hal ini Kepemimpinan Transformasional ini yang dilihat adalah karakteristik pimpinan dan perilaku pemimpin baik terhadap kelompok maupun individu dari bawahan-bawahannya yang dinilai oleh bawahannya dalam hal ini Front line staff (bagian dari manajemen yang paling bawah dan langsung berhubungan dengan konsumen). Selain itu juga dilihat karakteristik front line staff (responden), motivasi front line staff dalam bekerja serta konsiderasi/interaksi antara pemimpin dengan front line staff untuk melihat bagaimana pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap komitmen front line staffnya. Penelitian ini dilakukan di seluruh cabang BANK BALI yang berada di Surabaya dan Gresik. Metode analisa yang digunakan antara lain metode deskriptif untuk menggambarkan karakteristik bawahan/front line staff secara umum kemudian dilakukan analisa reliabilitas dan validitas. Analisa selanjutnya adalah uji cluster untuk membagi responden berdasarkan komitmenya, untuk menguji apakah pembagian cluster sudah benar dan layak maka dilakukan uji discriminan dan hasil yang didapat adalah responden dibedakan menjadi 2 kelompok. Analisa berikutnya adalah manova untuk melihat apakah diantara 2 kelompok tersebut memiliki perbedaan mean/rata-rata untuk komitmen perilaku pemimpin baik secara kelompok maupun individu, motivasi dan konsiderasi/interaksinya. setelah itu dilakukan uji cross tab untuk melihat apakah ada ketergantungan antara kriteria karakteristik front line staff terhadap kelompok yang terbentuk. Untuk memperjelas gambaran kelompok yang terbentuk maka dilakukan pula analisa deskriptif untuk masing-masing kelompok yang ada selanjutnya dilakukan analisa regresi untuk mencari model yang tepat untuk tiap-tiap kelompok yang terbentuk. Dari hasil penelitian ternyata cluster I memiliki komitmen yang tinggi di bandingkan dengan cluster 2. hasil penelitian diharapkan dapat membantu BANK BALI dalam meningkatkan komitmen front line staff dalam melayani nasabahnya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 14 Dec 2013 03:31
Last Modified: 14 Dec 2013 03:31
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5724

Actions (login required)

View Item View Item