Perencanaan Perluasan Usaha Untuk Pabrik Garment di CV. XYZ

Natalia, Dessy (1996) Perencanaan Perluasan Usaha Untuk Pabrik Garment di CV. XYZ. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232693

Abstract

CV. XYZ adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang garment (pakaian jadi) yang saat ini memproduksi pakaian seragam untuk instansi-instansi pemerintah yang disebut dengan Pakaian Dinas Harian (PDH). Karena adanya permintaan pakaian seragam yang tidak dapat dipenuhi serta timbulnya ide dari pimpinan perusahaan untuk memproduksi pakaian jadi maka pihak perusahaan berkeinginan untuk memperluas usahanya dengan mendirikan pabrik garment baru yang direncanakan merupakan relokasi dari pabrik yang lama. Selanjutnya untuk menilai apakah rencana perluasan tersebut dapat memberikan prospek yang menguntungkan bagi perusahaan maka perlu dilaksanakan suatu studi kelayakan yang membandingkan antara alternatif investasi perluasan dan tanpa perluasan ditinjau dari aspek pasar, aspek teknis, aspek manajemen, aspek keuangan dan aspek sosial. Aspek pasar dalam penelitian ini akan mencakup hal-hal yang berhubungan dengan pemasaran produk pakaian seragam serta produk pakaian jadi seperti besarnya pasar potensial, permintaan pakaian seragam, konsumsi produk pakaian jadi, harga produk, kedudukan produk, distribusi produk, market share yang akan dikuasai serta strategi pemasaran produk. Aspek teknis akan mencakup hal-hal seperti lokasi pabrik, proses produks, kapasitas produks, mesin-mesin yang dipergunakan, tenaga kerja serta hal-hal teknis lainnya. Aspek manajemen akan menyangkut hal-hal seperti struktur organisasi perusahaan dan susunan tugas-tugas kerja. Aspek keuangan dalam penelitian ini lebih ditekankan pada penyusunan laporan keuangan dari kedua alternatif investasi sehingga dapat dievaluasi alternatif mana yang paling menguntungkan. Aspek sosial dalam penelitian ini akan menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan masalah sosial yang ditimbulkan dengan pendirian pabrik ini. Dari keseluruhan peninjauan dapat disimpulkan bahwa pasar potensial untuk produk pakaian seragam maupun produk pakaian jadi masih terbuka lebar. Sedangkan pemasaran produk pakaian seragam tidak menemui masalah mengingat kredibilitas perusahaan sudah tidak diragukan lagi. Sedangkan pemasaran untuk produk pakaian jadi dapat diantisipasi dengan melakukan serangkaian promosi dan pemilihan strategi pemasaran yang tepat. Dari aspek teknis dapat diperoleh informasi bahwa untuk rencana perluasan ini diperlukan penambahan mesin. Sedangkan dari hasil analisa keuangan diperoleh nilai Internal Rate of Return, Net Present Value serta Payback Period untuk alternatif investasi perluasan adalah menguntungkan demikian juga NPV dari alternatif investasi tanpa perluasan. Namun setelah dilakukan analisa lebih jauh dengan analisa Incremental Rate of Return dan Incremental Benefit Cost Ratio didapatkan hasil bahwa alternatif investasi perluasan jauh lebih menguntungkan dibanding tanpa perluasan. Dari hasil penelitian tugas akhir ini dapat disimpulkan bahwa rencana perluasan usaha untuk pabrik garment (pakaian jadi) di CV. XYZ adalah layak.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 14 Dec 2013 02:55
Last Modified: 14 Dec 2013 02:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5781

Actions (login required)

View Item View Item