Studi Hotel Berbintang Sebagai Penunjang Mata Rantai Pariwisata di Jawa Timur

Wijaya, Yustina Yuliana (1997) Studi Hotel Berbintang Sebagai Penunjang Mata Rantai Pariwisata di Jawa Timur. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232694

Abstract

lndustri pariwisata merupakan industri yang potensial dalam memberikan pemasukan devisa bagi negara. Kemajuan di bidang ini, hari demi hari semakin pesat karena didukung oleh kemudahan transportasi maupun karena trend gaya hidup yang mulai "menglobalisasi", sehingga dalam berbisnis dan berlibur orang semakin melirik luar negeri sebagai tujuan alternatifnya. Sebagai salah satu propinsi yang kaya akan sumber daya pariwisata, baik alam, budaya, maupun sejarah, Jawa Timur pun perlu untuk meningkatkan pariwisatanya dan kunjungan wisatawannya yang terasa belum optimal dibandingkan dengan sumber daya yang ada. Untuk peningkatan pariwisata ini, perlu diketahui karakteristik wisatawan yang datang ke Jawa Timur dan juga kondisi pariwisata yang ada pada saat ini. Dari informasi inilah nantinya, akan dapat dilakukan perbaikan dan penyusunan strategi pemasaran pariwisata yang lebih baik. Salah satu komponen pariwisata yang penting adalah perhotelan, karena hotel merupakan pusat kegiatan wisatawan selama berada di tempat yang dikunjunginya. Salah satu dari jenis hotel yang ditempati oleh wisatawan adalah hotel berbintang. Di Jawa Timur, keberadaan hotel berbintang ini menunjukan kemajuan dengan semakin banyaknya hotel baru yang beroperasi dalam beberapa tahun terakhir ini. Dengan metode analisa multivariate, ditemukan bahwa wisatawan yang menginap di hotel berbintang terbagi menjadi tiga segmen berdasarkan kategori bintang hotel yang ditempati, yakni hotel berbintang 1&2, berbintang 3 dan berbintang 4&5. Masing-masing kategori hotel ditempati oleh wisatawan dengan karakteristik yang berbeda. Kualitas pelayanan perhotelan berbintang pada keseluruhan faktor, pada umumnya sudah bagus. Namun masing-masing kategori hotel memiliki tingkat kualitas pelayanan yang berbeda-beda, baik keunggulan maupun kelemahannya, untuk tiap-tiap faktor kualitas pelayanan di hotel berbintang. Hasil lain dari penelitian ini adalah diperolehnya informasi tentang fasilitas yang oleh wisatawan dianggap penting keberadaannya baik di perhotelan berbintang pada umumnya maupun pada masing-masing kategori hotel.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 14 Dec 2013 02:49
Last Modified: 14 Dec 2013 02:49
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5784

Actions (login required)

View Item View Item