Analisis Kinerja Staff Front Line di Sektor Perbankan Khususnya Pada Bank BCA di Surabaya

Handoyo, Hendro (2000) Analisis Kinerja Staff Front Line di Sektor Perbankan Khususnya Pada Bank BCA di Surabaya. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/136579

Abstract

Kinerja disemua badan usaha terutama dibidang perbankan merupakan sesuatu yang memegang peranan penting selain faktor-faktor lainnya, dimana dengan kinerja yang tinggi maka suatu perusahaan itu akan mendapatkan suatu legitimasi dari pelanggannya pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Untuk mencapainya memang tidak mudah, selain perusahaan harus bersaing dengan pesaingnya perusahaan harus dapat memanajemen orang-orang atau staff-staff yang dimilikinya. Meskipun banyak sekali kendala dan halangan yang merintangi suatu perusahaan untuk menciptakan kinerja yang tinggi tetapi usaha dan ketekunan harus tetap dipelihara agar tujuan tersebut dapat tercapai. Melihat hal tersebut maka dilakukan penelitian Analisis Kinerja Staff Front Line Di Sektor Perbankan Khususnya Pada Bank BCA Di Surabaya. Dalam hal ini kinerja yang dilihat adalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja front line staff baik itu secara intern maupun ekstern. Selain itu juga dilihat karakteristik front line staff, motivasi front line staff dalam bekerja, serta bagaimana komitmen front line staff terhadap kinerja. Dengan metode deskriptif, menggambarkan karakteristik front line staff secara umum. Analisis selanjutnya adalah uji cluster untuk membagi responden berdasarkan kinerja, dimana pada cluster 1 responden lebih setuju dengan faktor-faktor kinerja dibandingkan dengan cluster 2. Untuk menguji apakah pembagian cluster sudah benar dan layak maka dilakukan uji diskriminan dan hasil yang didapat adalah responden dibedakan menjadi 2 kelompok. Analisis berikutnya adalah manova untuk melihat apakah diantara 2 kelompok tersebut memiliki perbedaan mean/rata-rata untuk kinerja, komitmen pelayanan terhadap pelanggan dan motivasi (ERG). Setelah itu dilakukan uji cross tab untuk melihat apakah ada ketergantungan antara kriteria karakteristik front line staff terhadap kelompok yang terbentuk. Untuk memperjelas gambaran kelompok yang terbentuk maka dilakukan pula analisis deskriptif untuk masing-masing kelompok yang ada. Dari hasil penelitian ternyata responden cluster I dan cluster 2 dipengaruhi faktor-faktor yaitu kinerja staff dapat meningkat apabila ia diperlakuan atasan sebagai sesama rekan kerja bukan sebagai suruhannya atau bawahannya, dan pada cluster 1 tidak setuju bahwa latar belakang kehidupan ekonomi masing-masing staff membedakan kinerja dari tiap-tiap staff sedangkan untuk cluster 2 responden menyatakan ketidak setujuannya akan pemberian waktu standart untuk tiap-tiap proses pengerjaan untuk dapat menertibkan/mendisiplinkan kerja staff. Ciri-ciri front line staff BCA sebagian besar antar cluster sama yaitu menjabat sebagai marketing, berjenis kelamin wanita, berstatus belum berkeluarga, berpendidikan Sl, berumur 25-34 tahun, tidak puas akan gaji dan tunjangan yang diperolehnya, memiliki masa kerja 1-3 tahun serta memiliki masa kerja pada jabatan sekarang 1- 3 tahun.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 14 Dec 2013 02:43
Last Modified: 14 Dec 2013 02:43
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/5786

Actions (login required)

View Item View Item